Kick Off Meeting Forum Ekonom Kementerian Keuangan 2018


Jakarta, (27/03): Badan Kebijakan Fiskal (BKF), Kementerian Keuangan kembali menghimpun ekonom daerah ke dalam Forum Ekonom Kementerian Keuangan (FEKK) 2018 dalam rangka memperkuat koordinasi Kementerian Keuangan dengan ekonom di seluruh Indonesia. Forum ini bertujuan antara lain untuk menyebarluaskan kebijakan ekonomi dan fiskal ke daerah, sharing masukan terkait kebijakan publik yang dihasilkan oleh Kementerian Keuangan dan melakukan pertukaran informasi antar perguruan tinggi dengan BKF.

Forum ini dibuka oleh Adriyanto, Kepala Pusat Kebijakan Ekonomi Makro, Badan Kebijakan Fiskal. Pada kesempatannya, Adriyanto menyampaikan lima kegiatan utama dalam FEKK 2018, yaitu (1) merumuskan rekomendasi kebijakan; (2) sosialisasi di media massa; (3) menjadi narasumber di forum daerah; (4) kegiatan ad hoc; dan (5) memberikan materi terkait kebijakan fiskal ke dalam mata kuliah yang diajarkan di kampus.

Selanjutnya Anang Rohmawan, Kepala Bagian Manajemen Sistem Informasi dan Edukasi Publik, Biro Komunikasi dan Layanan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan menyampaikan paparannya mengenaipertanyaan masyarakat terkait utang Indonesia. Melalui pesan proaktif ekonom diharapkan dapat membantu pemerintah dalam penyampaiannya kepada masyarakat bahwa utang pemerintah dikelola dengan menggunakan manajemen risiko untuk menghindari biaya tinggi dan gagal bayar. Utang digunakan untuk keperluan produktif untuk mempercepat pemerataan pembangunan fisik dan manusia serta untuk mencegah kerugian di masa depan dengan kreditur mayoritas adalah penduduk Indonesia.

Sesi terakhir merupakan diskusi bersama Kepala Badan Kebijakan Fiskal, Suahasil Nazara. Beberapa pertanyaan yang disampaikan ekonom kepada Kepala BKF antara lain terkait BBM, renewable energy, dan anggaran. Kemudian acara ditutup dengan penandatangan MOU secara simbolis. (cs/lnf)

  Kurs Pajak : KMK Nomor 30/KM.10/2018,   USD : 14,388.00    AUD : 10,656.46    GBP : 19,022.16    SGD : 10,553.52    JPY : 12,808.61    EUR : 16,819.73    CNY : 2,145.80