BKF dan Lingkar Temu Kabupaten Lestari Bertemu Bahas Isu Lingkungan


Jakarta, (10/7): Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan pada hari Selasa (10/7) menerima kunjungan dari perwakilan Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) untuk bersama-sama membahas isu lingkungan serta kebijakan pembiayaan perubahan iklim di Indonesia. Berlokasi di Ruang Rapat Besar Gazebo BKF, pertemuan ini dihadiri oleh Kepala Bappeda dan Sekretariat dari beberapa kabupaten di Indonesia yang tergabung dalam LTKL, Parjiono (Kepala Pusat Kebijakan Pembiayaan Perubahan Iklim dan Multilateral, BKF), dan Hidayat Amir (Kepala Pusat Kebijakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, BKF).

Pada kesempatan ini, perwakilan dari Kabupaten Banyu Asin, Kabupaten Sigi dan Kabupaten di Kalimantan Barat mengungkapkan bahwa daerah mereka sangat terbantu dengan adanya LTKL, dimana masyarakat diberikan ilmu dan pelatihan mengenai perubahan iklim serta dampaknya. LTKL juga mengajak masyarakat kecil untuk mengetahui dampak dari perubahan iklim dan apa yang harus dilakukan.

Selanjutnya LTKL mengajukan beberapa usulan untuk berkolaborasi dengan BKF. Kolaborasi dimaksud antara lain mengenai Potensi Inovasi Instrumen Investasi Lestari, Potensi Insentif untuk Visi Lestari, Kesesuaian Anggaran dan Indikator Pembangunan Lestari, dan Narasi Ekonomi Pembangunan Lestari.

BKF menyambut baik usulan kolaborasi tersebut dengan menyampaikan komitmennya untuk meningkatkan sinergi antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah terkait isu perubahan iklim di Indonesia. (lr/cs)

  Kurs Pajak : KMK Nomor 48/KM.10/2018,   USD : 14,688.00    AUD : 10,686.55    GBP : 18,921.19    SGD : 10,673.83    JPY : 12,962.14    EUR : 16,671.67    CNY : 2,118.02