BKF Sosialisasikan Keuangan Inklusif di Yogyakarta


Yogyakarta, (23/10): Tergabung dalam Booth Stand Kementerian Keuangan, Badan Kebijakan Fiskal berkesempatan menyampaikan sosialisasi dan edukasi terkait dengan keuangan inklusif kepada masyarakat dalam kegiatan INVESTIVAL: Indonesia Investment Festival dengan tema “Inklusif Keuangan Untuk Semua”. Kegiatan yang terselenggara atas kerja sama Kementerian Keuangan, OJK, dan BEI ini diselenggarakan selama tiga hari pada tanggal 21-23 Oktober 2016 pukul 10.00-22.00 WIB di Jogja City Mall, Yogyakarta.

INVESTIVAL merupakan salah satu implementasi dari Perpres No. 82 Tahun 2016 tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI), serta sebagai salah satu upaya untuk memperkenalkan produk dan jasa keuangan kepada masyarakat. Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X ini diisi dengan pameran/expo produk dan jasa keuangan. Selain itu, dalam INVESTIVAL juga diselenggarakan berbagai talkshow dengan tema-tema menarik seputar investasi. Salah satunya adalah “Peran Surat Berharga Negara (SBN) Ritel dalam mendukung keuangan inklusif”.

Ditemui pada saat pameran, salah seorang petugas Booth, Indica Wulansari, mengatakan bahwa booth Kementerian Keuangan selalu ramai dikunjungi. Ia menyampaikan bahwa kebanyakan pengunjung belum mengenal istilah keuangan inklusif. Hal ini makin menambah motivasi petugas dalam menyampaikan sosialisasi dan edukasi mengenai keuangan inklusif.

Keuangan inklusif merupakan kondisi ketika setiap individu mempunyai hak untuk memiliki akses terhadap berbagai layanan keuangan yang berkualitas secara tepat waktu, nyaman, dan jelas, serta dengan biaya terjangkau dalam rangka meningkatkan kemampuan ekonomi dan keuangan. Salah satu langkah Pemerintah untuk meningkatkan keuangan inklusif dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif adalah melalui program Government-to-Person (G2P) seperti penyaluran bantuan sosial dan subsidi secara nontunai. Strategi nasional Keuangan Inklusif bertujuan mencapai target keuangan inklusif yaitu persentase jumlah penduduk dewasa yang memiliki akses layanan keuangan pada lembaga keuangan formal sebesar 75% pada akhir tahun 2019. (atw/pg)

  Kurs Pajak : KMK Nomor 37/KM.10/2017,   USD : 13,226.00    AUD : 10,591.85    GBP : 17,745.58    SGD : 9,819.87    JPY : 11,959.78    EUR : 15,782.37    CNY : 2,020.92