Warta Fiskal

Optimisme Melanjutkan Agenda Pembangunan

Di tahun 2017, indikasi pulihnya perekonomian global semakin nampak yang ditandai oleh peningkatan pertumbuhan di lebih dari separuh ekonomi dunia, peningkatan aktivitas perdagangan, dan kenaikan harga komoditas. Di tahun 2018, diperkirakan secara umum perkembangan positif masih akan dinikmati perekonomian global, meskipun pada tingkat akselerasi yang melambat. Pertumbuhan ekonomi global diperkirakan akan berada pada tingkat 3,9 persen, meningkat dibandingkan pertumbuhan 2016 dan 2017 masing-masing 3,2 persen dan 3,7 persen. Penguatan ekonomi global di satu sisi memberi keuntungan seiring dengan peningkatan demand dan perbaikan confidence, namun di sisi yang lain menjadi sinyal akan berlanjutnya normalisasi moneter di negara maju, seperti AS. Selain berisiko mengakibatkan pembalikan arus modal dari negara berkembang, rencana kenaikan suku bunga The FED di tahun ini juga sempat memberi sentimen negatif di pasar saham di tengah kekhawatiran kenaikan inflasi dan imbal hasil.

|

Warta Fiskal

Capaian Positif Reformasi Ekonomi

Tinjauan Ekonomi, Keuangan, dan Fiskal Edisi V Tahun 2017 ini mengambil tajuk Capaian Positif Reformasi Ekonomi, menggarisbawahi berbagai capaian positif yang diperoleh perekonomian Indonesia. Pertumbuhan investasi, perbaikan daya saing dan kemudahan berusaha, kenaikan rating, serta peningkatan penerimaan pajak merupakan beberapa hasil positif dari komitmen reformasi ekonomi yang dijalankan pemerintah dalam beberapa tahun terakhir. Edisi ini, seperti biasa, juga akan mengulas perkembangan ekonomi makro, keuangan, dan fiskal hingga November 2017.

|

Warta Fiskal

Menjaga Kesinambungan Fiskal

Tinjauan Ekonomi, Keuangan, dan Fiskal Edisi IV Tahun 2017 ini mengambil tajuk Menjaga Kesinambungan Fiskal, menitikberatkan pada upaya-upaya pemerintah di sisi fiskal untuk menggenjot aktivitas ekonomi sekaligus menjaga keberlangsungannya. Edisi ini, seperti biasa, juga akan mengulas perkembangan ekonomi makro dan keuangan hingga triwulan ketiga 2017.

|

Warta Fiskal

Fundamental Terjaga

Tinjauan Ekonomi, Keuangan, dan Fiskal Edisi III Tahun 2017 ini mengambil tajuk Fundamental Terjaga, menggambarkan masih terjaganya fundamental perekonomian domestik sepanjang tengah tahun pertama 2017. Selain itu, edisi ini juga mengupas kebijakan fiskal yang telah disusun pemerintah untuk tahun ini, tahun 2018, dan jangka menengah

|

Warta Fiskal

Sinyal Penguatan Ekonomi

Aktivitas perekonomian global pada triwulan pertama 2017 mulai menunjukkan peningkatan dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Hal tersebut antara lain ditunjukkan oleh indikator aktivitas perdagangan global yang meningkat seperti total perdagangan Tiongkok yang tumbuh sebesar 15,6 persen pada Maret 2017. Selain itu, peningkatan aktivitas ekonomi juga ditunjukkan oleh harga komoditas yang membaik serta Indeks Pembelian Manager untuk manufaktur yang berada di zona ekspansi. Perbaikan ekonomi global juga ditunjukkan oleh membaiknya perekonomian Amerika Serikat (AS) dengan naiknya suku bunga acuan The Fed sebesar 25 bps pada Maret 2017. Secara umum, ekonomi global tahun 2017 diproyeksikan akan tumbuh sebesar 3,5 persen di tahun 2017, membaik dibandingkan pertumbuhan di tahun 2016 yang sebesar 3,1 persen dan merupakan pertumbuhan terendah sejak krisis keuangan global. Meskipun prospek ekonomi global tahun 2017 diperkirakan membaik, namun masih dibayangi oleh beberapa ketidakpastian seperti arah kebijakan ekonomi di AS, serta kondisi geopolitik di beberapa kawasan.

|

Warta Fiskal

2016: Titik Balik Perekonomian Indonesia

Tahun 2016 adalah tahun momentum pemulihan ekonomi dan peningkatan kredibiltas kebijakan pemerintah, khususnya kebijakan fiskal. Konsolidasi target penerimaan dan belanja menjadi langkah kunci di dalam mewujudkan APBN yang kredibel, realistis, dan menjadi fondasi yang kuat dalam formulasi APBN tahun-tahun berikutnya. Meskipun efisiensi belanja dilakukan, APBN tetap ekspansif dengan pelaksanaan program pembangunan infrastruktur prioritas. Di samping, penurunan suku bunga acuan oleh Bank Indonesia juga turut memberikan dukungan bagi pertumbuhan ekonomi. Koordinasi serta bauran kebijakan yang tepat antara pemerintah dan Bank Indonesia berperan optimal di dalam pengendalian harga yang tercermin dalam tingkat inflasi yang lebih terkendali.

|

ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN


KONTAK: Jl. Dr. Wahidin No. 1 Gd. R. M. Notohamiprodjo, Jakarta Pusat 10710
email: ikp@fiskal.depkeu.go.id

  Kurs Pajak : KMK Nomor 17/KM.10/2018,   USD : 13,770.00    AUD : 10,690.29    GBP : 19,640.12    SGD : 10,505.06    JPY : 12,852.50    EUR : 17,014.85    CNY : 2,195.01