Buku

Potret Ekonomi Indonesia 2018

Pusat Kebijakan Ekonomi Makro, BKF (Tahun 2019)

Buku infografis ini mencoba menangkap wajah perekonomian Indonesia selama tahun 2018 yang dilihat dari berbagai aspek, yaitu kinerja ekonomi, kependudukan, kesejahteraan, ketenagakerjaan, harga, investasi, neraca perdagangan, neraca pembayaran, fiskal, sektor riil, serta sektor keuangan. Diharapkan, data dan informasi yang disajikan dalam infografis ini dapat menjadi referensi bagi para pemangku kepentingan dan masyarakat luas dalam memahami kondisi perekonomian Indonesia di sepanjang tahun 2018, terlebih bagi Badan Kebijakan Fiskal yang memiliki peran strategis sebagai perumus kebijakan fiskal dan sektor keuangan yang antisipatif dan responsif untuk mewujudkan masyarakat Indonesia sejahtera.

Lihat Buku

Buku

KEM PPKF Tahun 2020

Tim Penyusun: PKAPBN, PKEM, Sekretariat BKF (Tahun 2019)

KEM-PPKF Tahun 2020 merupakan bahan pembicaraan pendahuluan dalam rangka penyusunan RAPBN Tahun 2020.

KEM-PPKF 2020 merupakan fondasi (titik tumpu) mendukung arah dan strategi kebijakan fiskal jangka menengah 2020-2024 dan menjadi tekad pemerintah untuk mencapai Visi Indonesia 2045: Berdaulat, Maju, Adil, dan Makmur.

Tema Kebijakan Fiskal Tahun 2020: APBN untuk Akselerasi Daya Saing melalui Inovasi dan Penguatan Kualitas Sumber Daya Manusia.

Lihat Buku

Buku

Bunga Rampai Rekomendasi Kebijakan Jilid 2

Editor: Riznaldi Akbar, Ph.D. (Tahun 2019)

Kementerian Keuangan sebagai instansi pemerintah yang strategis, memiliki banyak permasalahan yang dapat dijadikan sumber inspirasi untuk dikaji, ditelaah, dan diteliti. Pada tahun 2012 merupakan awal mula Kementerian Keuangan menggagas suatu forum yang dinamakan Regional Economist dan kemudian pada tahun 2015 forum tersebut menjadi Forum Ekonom Kementerian Keuangan (FEKK). Forum ini merupakan kumpulan dari ekonom yang berasal dari berbagai universitas ternama di Indonesia. Dengan keberadaan FEKK ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi pemerintah khususnya di bidang ekonomi, keuangan dan kebijakan fiskal.

Buku Bunga Rampai Rekomendasi Kebijakan Forum Ekonom Kementerian Keuangan ini berisikan rangkuman sumbangan pemikiran dari para ekonom tersebut. Terdapat dua topik utama yang menjadi perhatian untuk dibuat rekomendasi kebijakan yaitu kebijakan fiskal untuk mendorong stabilisasi neraca berjalan dan kebijakan fiskal untuk mendorong pertumbuhan UMKM daerah.

Lihat Buku

Buku

Bunga Rampai Rekomendasi Kebijakan Jilid 1

Editor: Riznaldi Akbar, Ph.D. (Tahun 2019)

Kementerian Keuangan sebagai instansi pemerintah yang strategis, memiliki banyak permasalahan yang dapat dijadikan sumber inspirasi untuk dikaji, ditelaah, dan diteliti. Pada tahun 2012 merupakan awal mula Kementerian Keuangan menggagas suatu forum yang dinamakan Regional Economist dan kemudian pada tahun 2015 forum tersebut menjadi Forum Ekonom Kementerian Keuangan (FEKK). Forum ini merupakan kumpulan dari ekonom yang berasal dari berbagai universitas ternama di Indonesia. Dengan keberadaan FEKK ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi pemerintah khususnya di bidang ekonomi, keuangan dan kebijakan fiskal.

Buku Bunga Rampai Rekomendasi Kebijakan Forum Ekonom Kementerian Keuangan ini berisikan rangkuman sumbangan pemikiran dari para ekonom tersebut. Terdapat dua topik utama yang menjadi perhatian untuk dibuat rekomendasi kebijakan yaitu kebijakan fiskal untuk mendorong stabilisasi neraca berjalan dan kebijakan fiskal untuk mendorong pertumbuhan UMKM daerah.

Lihat Buku

Buku

Kebijakan Perpajakan: Optimalisasi Insentif dan Kesinambungan Fiskal

Editor: B. Raksaka Mahi, A. Rinto Pudyantoro, Sofia A. Damayanty, Hadi Setiawan (Tahun 2018)

Salah satu tantangan utama pemerintah dalam pengelolaan keuangan negara saat ini adalah penghimpunan pendapatan negara yang berasal dari pajak dan bukan pajak. Rendahnya tax ratio menunjukkan bahwa pemerintah masih harus bekerja keras meningkatkan kemampuan menghimpun penerimaan negara melalui perbaikan sistem administrasi, peningkatan kepatuhan wajib pajak dan perumusan kebijakan yang tepat. 

Penyusunan suatu kebijakan yang kredibel haruslah berdasarkan hasil pengkajian, penelitian (research based policy) dan proses public hearing melalui diskusi yang melibatkan para pemangku kepentingan dan akademisi. Selanjutnya, kebijakan disosialisasikan dan dikomunikasikan kepada publik untuk memastikan partisipasi aktif seluruh elemen yang terdampak oleh kebijakan tersebut. 

Buku ini menggambarkan diskusi yang terjadi dalam proses perumusan sebuah kebijakan. Analisis dari sisi teori, ekonomi makro, praktik - praktik yang berlaku umum, hingga analisis data mikro dilakukan untuk memastikan bahwa pemerintah telah mempertimbangkan berbagai aspek dan dampak yang mungkin terjadi dalam pelaksanaan suatu kebijakan.

Daftar isi:

1. Persoalan Penerimaan Negara dari Sektor Pertambangan. A. Rinto Pudyantoro

2. Coal Taxation Regime on Australian, Chinese and Indonesian: Which One is More Attractive? Firmansyah H.S., Hadi Setiawan dan Singgih Ripat

3. Penerapan Model Input - Output dalam Analisis Sektor Ekstraktif Pertambangan Indonesia. Milson Febriyadi

4. Implikasi Klausul Branch Profit Tax dalam Tax Treaty: Contoh Kasus pada Kontrak Kerja Sama Minyak dan Gas Bumi. Chintya Pramasanti

5. Batu Bara: Dampak Negatif terhadap Lingkungan dan Kajian Kelayakannya Menjadi Barang Kena Cukai. Budhi Setyawan 

6. Insentif Fiskal atas Sovereign Wealth Funds: Menarik Dana Abadi Hasil Minyak Bumi untuk Pembangunan Infrastruktur Indonesia. Zainul Arifin

7. Optimalisasi Perpajakan dan Relevansinya dalam Perumusan Kebijakan. B. Raksaka Mahi

8. Analisis Ekonomi Indonesia - Singapura: Perlukan Renegosiasi Tax Treaty? Sofia A. Damayanty dan Suska

9. Menimbang Risiko Pengenaan Pajak Laba Ditahan pada Badan Usaha Perseroan Terbatas. Mohamad Nasir

10. Pajak Penjualan Barang Mewah: Konsep dan Perkembangan Pelaksanaannya di Indonesia. Suska

11. Perlakuan Pajak Pertambahan Nilai atas Ekspor Jasa Indonesia di Antara Negara ASEAN. Ami Muslich

12. Analisis Insentif Fiskal untuk Yacht. Purwoko

13. Laporan Belanja Perpajakan: Sejarah dan Aplikasinya di Indonesia. Pande Putu Oka Kusumawardani


ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN


KONTAK: Jl. Dr. Wahidin No. 1 Gd. R. M. Notohamiprodjo, Jakarta Pusat 10710
email: ikp@fiskal.kemenkeu.go.id

  Kurs Pajak : KMK Nomor 36/MK.10/2019,   USD : 14,253.00    AUD : 9,661.25    GBP : 17,251.26    SGD : 10,303.32    JPY : 13,448.26    EUR : 15,959.94    CNY : 2,012.66