Seminar Kebijakan Fiskal Dan Perkembangan Ekonomi Terkini Di Gorontalo


Gorontalo (01/11): Bertempat di Hotel Maqna, Gorontalo, pada hari rabu 1 Oktober 2014 diselenggarakan Seminar Kebijakan Fiskal 2014 dan Perkembangan Ekonomi Terkini yang merupakan bagian dari rangkaian seminar serupa yang telah diselenggarakan sepanjang tahun 2014. Sosialisasi ini diselenggarakan oleh Badan Kebijakan Fiskal, Biro Komunikasi dan Layanan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan, dan Sekretariat Ditjen Perbendaharaan dalam rangka sharing informasi mengenai kebijakan pemerintah pusat terkait kebijakan fiskal, perkembangan perekonomian terkini, dan APBN 2014 kepada para pemangku kepentingan (stakeholders) yang ada di daerah Provinsi Gorontalo dan untuk mendapatkan  feedback dan pandangan dari stakeholders terkait kebijakan tersebut sehingga ke depannya kebijakan pemerintah pusat bisa ditingkatkan kualitasnya. Peserta kegiatan seminar ini adalah para akademisi, pejabat dan pegawai Pemerintah Provinsi Gorontalo, kalangan perbankan dan industri keuangan nonbank, pejabat dan pegawai Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), serta pejabat dan pegawai kantor perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Gorontalo.

Acara seminar ini dibuka dengan sambutan oleh Sudarso, Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Gorontalo. Dalam sambutannya Sudarso menyambut baik terhadap diadakannya seminar ini karena selain sebagai media sosialisasi kebijakan juga dapat mempertemukan pembuat kebijakan di tingkat pusat dengan stakeholders di daerah untuk mendapat pandangan dan pendapat atas kebijakan yang telah dibuat. Sudarso kemudian menyampaikan sekilas APBN 2015 termasuk dinamika perkembangan perekonomian yang melatar belakangi penyusunan APBN 2015 tersebut. Selanjutnya acara diisi oleh sambutan dari Wakil Gubernur Provinsi Gorontalo, DR. Drs. H. Idris Rahim, MM. Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan kegiatan inti seminar Kebijakan Fiskal 2014 dan Perkembangan Ekonomi Terkini dengan moderator Pratanto, S.E., M.T.  (Kepala Bidang Pembinaan Pelaksanaan Anggaran I, Kanwil DJPB Gorontalo) dengan pembicara Rofyanto Kurniawan., S.T., M.B.A. (Kepala Pusat Kebijakan APBN, Badan Kebijakan Fiskal, Kementerian Keuangan), Dr. Agus Tony Poputra, S.E., Ak, M.M., M.A. (Regional Economist Kementerian Keuangan), serta Drs. Syamsudin Bahri, M.M. Kepala Sub Direktorat Pajak Daerah dan Retribusi Daerah III pada DJPK.

Rofyanto Kurniawan menyampaikan materi tentang perkembangan perekonomian terkini baik global maupun domestik. Selain itu beliau juga menyampaikan beberapa potensi Provinsi Gorontalo. Agus Tony Poputra menyampaikan materi tentang Pekembangan perekonomian di Provinsi Gorontalo. Syamsudin Bahri memaparkan materi tentang Pungutan dan Pajak di Provinsi Gorontalo.

Setelah penyampaian materi oleh para pembicara, acara seminar ini kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab. Dalam sesi ini, peserta sangat antusias dan aktif dalam menyampaikan pertanyaan dan pendapat terkait isi seminar dan kebijakan pemerintah pada umumnya. Sosialisasi ini kemudian ditutup dengan penyampaian kesimpulan oleh moderator. (sty)

 

  Kurs Pajak : KMK Nomor 24/MK.10/2019,   USD : 14,467.00    AUD : 9,986.60    GBP : 18,464.66    SGD : 10,527.61    JPY : 13,157.31    EUR : 16,163.37    CNY : 2,087.00