Asia-Pacific High-Level Consultation on Financing for Development.


Jakarta (29/04): Bertempat di Aula Lantai Mezanine Gedung Djuanda I Kementerian Keuangan diadakan Asia-Pacific High-Level Consultation on Financing for Development. Dalam acara welcome remarks oleh Shamashad Akhtar dan Keynote address oleh Menteri Keuangan Bambang PS Brodjonegoro. Dalam keynotenya Bambang menyampaikan “Pemerintah Indonesia merasa bangga bisa menjadi co-host dari acara ini, bersama UNESCAP,” ungkapnya. Tahun lalu, Kemenkeu sudah bekerja sama dengan UNESCAP dalam pembahasan Asia-Pacific Outreach Meeting on Sustainable Development Financing.

Menurut Menkeu, acara ini relevan dengan keadaan terkini. Selain karena pas dengan agenda pengembangan pasca-2015 yang transformatif, isu mengenai pembiayaan pembangunan yang berkesinambungan adalah salah satu tantangan yang harus dihadapi oleh negara-negara di Asia-Pasifik. “Topik ini juga dekat dengan prioritas pemerintah kita yang tertuang dalam 5 pilar pembangunan yang berkesinambungan,” pungkas Menkeu.

Tujuan dari acara ini adalah untuk mendiskusikan perspektif dan rekomendasi dari wilayah Asia-Pasifik untuk berkontribusi di Konferensi Addis Ababa, yang merupakan Third International Conference on Financing for Development. “Acara hari ini ditujukan untuk melihat lebih jauh perspektif secara kewilayahan, dalam hal pembiayaan untuk pembangunan,” tambahnya. Adapun 2015 adalah tahun aksi global yaitu tonggak bagi komunitas internasional untuk dapat mengadaptasi sebuah agenda pengembangan pasca 2015 yang transformatif. Ini terdiri dari sebuah paket Sustainable Development Goals (SDGs), dan sebuah perjanjian perubahan iklim yang berarti dan universal. Dalam konteks ini, pembiayaan memainkan peranan penting. Tanpa strategi pembiayaan yang komprehensif, yang diharapkan bisa disetujui dalam Third International Conference On Financing For Development di Addis Ababa pada Juli, implementasi agenda pengembangan pasca-2015 yang transformatif, tidak mungkin dapat terwujud

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan dialog dimana acara ini direncanakan akan dilakukan selama 2 hari dari tanggal 29 s.d 30 April 2015 di tempat yang sama. (gh/mi)

*Terlampir link jadwal acara dan keynote MK

  Kurs Pajak : KMK Nomor 24/MK.10/2019,   USD : 14,467.00    AUD : 9,986.60    GBP : 18,464.66    SGD : 10,527.61    JPY : 13,157.31    EUR : 16,163.37    CNY : 2,087.00