Badan Kebijakan Fiskal Selenggarakan Fiscal Day 2018


Nusa Dua, (6/12): Setelah tahun lalu Badan Kebijakan Fiskal sukses menyelenggarakan Fiscal Day 2017, tahun ini Fiscal Day kembali digelar. Fiscal day adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Kebijakan Fiskal setiap setahun sekali. Rangkaian kegiatan Fiscal Day tahun 2018 dilaksanakan di Bali dan Jakarta pada bulan Desember, sekaligus untuk memperingati Hari Oeang ke-72.

Dalam rangkaian acara Fiscal Day, BKF secara intens akan berinteraksi dengan para stakeholders, yang meliputi Menteri Keuangan, akademisi, ekonom, dan masyarakat luas. Bentuk interaksi ini dilakukan dengan evaluasi kinerja dan memperkenalkan secara luas keberadaan BKF dengan fungsi strategisnya sebagai unit perumus kebijakan fiskal di Kementerian Keuangan.

Di tahun 2017, BKF menyelenggarakan serangkaian acara Fiscal Day, antara lain BKF Bersama Menteri Keuangan, Bincang BKF Muda dengan tema ”Peran Milenial dalam Menyusun Kebijakan Fiskal”, Bincang Fiskal dengan Blogger, serta booth-booth yang merepresentasikan peran dan fungsi BKF.

Ada sejumlah kegiatan yang dilakukan dalam Fiscal Day 2018 di Bali yang berlangsung tanggal 5 – 6 Desember bersamaan dengan penyelenggaraan The 8th AIFED (Annual International Forum on Economic Development and Public Policy).

Rangkaian kegiatan Fiscal Day sendiri diawali dengan Lomba Video bertema “Kemenkeu Berbakti Pada Negeri” yang diperuntukkan bagi pegawai Kementerian Keuangan. Pemenang lomba berkesempatan untuk berpartisipasi dalam acara Fiscal Day di Bali.

Selain itu, dilakukan rapat terbatas antara Menteri Keuangan dengan jajaran pimpinan di lingkungan Badan Kebijakan Fiskal. Pada kesempatan tersebut, Menkeu menyampaikan apresiasinya atas penyelenggaraan Fiscal Day 2018. Ia juga berharap bahwa ke depan, Badan Kebijakan Fiskal bisa lebih meningkatkan kreativitas dalam menyusun sebuah kebijakan dan juga tetap agile atas perubahan yang terus terjadi.

Pada hari ke-2 pelaksanaan acara, digelar Bincang Fiskal dengan tema “Yang Muda Yang Melek Fiskal”. Tema tersebut dipilih karena faktanya masih banyak pegawai muda di internal Kementerian Keuangan yang memiliki pengetahuan terbatas terkait APBN dan kebijakan fiskal. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat menambah wawasan para pegawai sehingga mereka dapat menjadi agent Kementerian Keuangan untuk mengedukasi masyarakat atas kebijakan – kebijakan yang telah diambil pemerintah.

Masih rangkaian kegiatan Fiscal Day, bersamaan dengan The 8th AIFED, diselenggarakan dua diskusi yang berlokasi di Universitas Udayana dan PKN-STAN dengan membahas topik yang relevan dengan tema The 8th AIFED. Diskusi yang diikuti oleh kurang lebih 100 mahasiswa di masing-masing perguruan tinggi tersebut diawali dengan menyaksikan live streaming acara pembukaan The 8th AIFED dengan keynote dari Menteri Keuangan.

Fiscal Day 2018 ini juga menghadirkan wall bertajuk “Satu Dekade Kebijakan Fiskal”. Wall yang terpampang di tempat penyelenggaraan seminar AIFED tersebut merangkum perjalanan perkembangan ekonomi dan respon kebijakan fiskal terkait hal tersebut dari tahun 2007 sampai dengan 2018.

Fiscal Day 2018 ditutup dengan lomba International Fiscal Debate yang diselenggarakan di Jakarta dan diikuti oleh sekitar 60 tim mahasiswa dan pelajar se-Jabodetabek. (is)

  Kurs Pajak : KMK Nomor 27/MK.10/2019,   USD : 14,253.00    AUD : 9,938.55    GBP : 18,096.11    SGD : 10,442.46    JPY : 13,145.39    EUR : 16,092.50    CNY : 2,055.18