BKF Undang Pegawai Muda Kementerian Keuangan Lakukan Simulasi APBN


Nusa Dua, (6/12): "Susah yah ternyata jadi Menteri Keuangan", celetuk Menteri Keuangan, Sri Mulyani, yang diiringi gelak tawa dari para peserta saat dirinya mengunjungi acara ‘Bincang Fiskal: Yang Muda Yang Melek Fiskal’, Kamis (6/12). Acara yang dikemas santai namun serius itu diikuti oleh pegawai – pegawai muda Kementerian Keuangan yang berada di Provinsi Bali.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Keuangan dan beberapa eselon I lain yang hadir nampak serius mengamati para pegawai yang sibuk melakukan penghitungan belanja negara untuk APBN 2020 melalui tools simulasi APBN yang didesain langsung oleh pegawai – pegawai muda di Badan Kebijakan Fiskal.

Tak lupa, Menteri Keuangan mengajak para pegawai berdiskusi untuk mengetahui cara pandang mereka dalam menentukan belanja prioritas untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan namun di sisi lain juga tetap membuat APBN sehat.

Selain melakukan simulasi APBN, peserta juga diajak untuk menyampaikan aspirasinya, menuangkan harapan dan strategi untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara maju di tahun 2045.

Antusiasme peserta cukup tinggi dalam acara yang berlangsung dari pagi hingga sore hari. Hal tersebut terlihat dari diskusi yang sangat aktif baik di dalam kelompok maupun antarkelompok. Selain itu, komentar positif juga banyak dilayangkan ke penyelenggara atas terlaksananya acara Bincang Fiskal. “Lebih seru. Diperbanyak!” kata salah satu peserta yang berharap waktu dan acara seperti ini diperpanjang dan diperluas ke pegawai lain.

Ada juga yang berkomentar agar acara Bincang Fiskal tetap ada untuk dapat mengakomodasi gagasan yang disampaikan oleh para pegawai di lingkungan Kementerian Keuangan. “Semoga untuk kedepannya semakin bisa menyampaikan ide – ide dari semua pegawai Kementerian Keuangan” sahut peserta lainnya.

Bincang Fiskal ialah salah satu rangkaian kegiatan dalam Fiscal Day 2018 yang diselenggarakan oleh Badan Kebijakan Fiskal. Fiscal Day tahun 2018 dilaksanakan di Bali dan Jakarta pada bulan Desember, sekaligus untuk memperingati Hari Oeang ke-72. (is)

  Kurs Pajak : KMK Nomor 27/MK.10/2019,   USD : 14,253.00    AUD : 9,938.55    GBP : 18,096.11    SGD : 10,442.46    JPY : 13,145.39    EUR : 16,092.50    CNY : 2,055.18