The 8th Annual International Forum on Economic Development and Public Policy (AIFED)


Nusa Dua (6/12) Badan Kebijakan Fiskal kembali menyelenggarakan seminar Annual International Forum on Economic Development and Public Policy (AIFED) untuk ke-8 kalinya. Tahun ini, seminar AIFED diselenggarakan di Nusa Dua Bali dengan mengambil tema ‘Building for the Future: Strengthening Economic Transformation in Facing Forward Global Evolution’.

Kepala BKF Suahasil Nazara menjelaskan, “Tema AIFED tahun ini akan menjadi benang merah seminar sebelumnya dalam kerangka transformasi struktural di Indonesia”. Lebih lanjut, Kepala BKF mengungkapkan bahwa gelaran seminar AIFED telah menjadi bagian penting dalam proses pengambilan kebijakan publik di Indonesia. Sebagaimana diketahui, seminar AIFED ini telah mendiskusikan berbagai isu penting ekonomi, fiskal, dan pembangunan seperti stabilitas keuangan, strategi untuk menghindari middle income trap, growth strategy, pembiayaan infrastruktur, dan technological change.

Seminar AIFED tahun 2012 dengan tema stabilitas keuangan telah mendorong koordinasi yang lebih kuat antara Kementerian Keuangan, BI, OJK, dan LPS dalam menjaga stabilitas perekonomian. Sekarang koordinasi tersebut lebih kuat di bawah Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK). Seminar AIFED tahun 2013 dengan tema Avoiding Middle Income Trap telah memberi input penting bagi penyusunanan RPJMN dan Nota Keuangan. AIFED 2016 tentang Unlocking Public and Private Investment telah memberi dukungan kuat terhadap implementasi asset securitization program untuk percepatan pembangunan infrastruktur. AIFED 2017 tentang technological change juga mendorong diskusi yang intens terkait isu tersebut akhir-akhir ini.

Seminar AIFED 2018  ini menghadirkan para pembuat kebijakan, ekonom, akademisi, dan dunia usaha untuk mendiskusikan topik-topik sektor riil, fiskal, dan keuangan. Seminar yang berlangsung dua hari ini menghadirkan tiga sesi diskusi, yaitu tentang kondisi perekonomian global di masa yang akan datang, peningkatan daya saing negara, dan investasi sumber daya manusia.

Pembicara yang hadir antara lain Robert Lawrence dari Harvard University, John Hawksworth dari PwC UK, serta Winfried Wicklein dari ADB. Selain itu, AIFED juga menghadirkan young influencers Yukka Harlanda dari Brodo, Iim Fahima dari QueenRides, dan Haiva Muzdaliva dari Indonesia Mengajar. (tw/fm)

Untuk memperoleh bahan materi seminar AIFED ini bisa mengunjungi tautan berikut: http://www.fiskal.kemenkeu.go.id/aifed/seminar-files/index

  Kurs Pajak : KMK Nomor 24/MK.10/2019,   USD : 14,467.00    AUD : 9,986.60    GBP : 18,464.66    SGD : 10,527.61    JPY : 13,157.31    EUR : 16,163.37    CNY : 2,087.00