BKF Berbagi Seputar Proses Perumusan Kebijakan Fiskal


Tangerang Selatan, (27/3)Badan Kebijakan Fiskal (BKF) turut berbagi seputar proses perumusan kebijakan fiskal dalam forum Diskusi Kebijakan Publik yang berlokasi di kampus PKN STAN. Forum ini merupakan bentuk bakti alumni PKN STAN kepada dosen serta rekan-rekan mahasiswa, dengan harapan dapat membangun tradisi riset dan advokasi untuk meningkatkan kualitas kebijakan publik.

“BKF dalam membuat ramuan kebijakan melibatkan pegawai struktural, fungsional, serta analis. Struktural yang mencoba merumuskan kebijakannya sedangkan peneliti yang menjadi knowledge coordinator-nya,” ujar Hidayat Amir, Plt. Kepala Pusat Kebijakan APBN, BKF.

Pada kesempatan ini, Amir juga menjelaskan bahwa dalam membuat rekomendasi kebijakan, BKF selalu berlandaskan penelitian dan bukti-bukti yang kuat. BKF juga melakukan konsultasi publik serta menjaga network dengan pemangku kepentingan terkait. Rekomendasi kebijakan yang ada telah melalui proses komunikasi dan koordinasi yang baik untuk menghindari kebijakan yang tumpang tindih, agar kebijakan lebih efektif dan efisien.

Di BKF, kebijakan dianalisis dengan metode yang berstandar internasional (best practice). Selanjutnya BKF memberikan edukasi kepada publik, menjelaskan mengapa kebijakan ini diambil serta mengungkapkan biaya dan manfaatnya.

“Kami berusaha menjadi institusi yang sangat terbuka, kami siap bekerjasama dengan insitutusi di dalam negeri dan luar negeri serta akademisi, kami juga sebenarnya sudah memiliki Forum Ekonom Kementerian Keuangan (FEKK), terdiri dari ekonom yang juga dosen dari berbagai kampus di Indonesia,” tutup Amir.

Pada acara ini, turut hadir sebagai pembicara, Enny Sri Hartatati, Direktur Eksekutif INDEF; Vid Adrison, Peneliti LPEM Universitas Indonesia; dan Syahrir Ika, Ketua Himpunan Peneliti Indonesia yang juga merupakan Peneliti Utama Badan Kebijakan Fiskal. (cs/fm)


  Kurs Pajak : KMK Nomor 24/MK.10/2019,   USD : 14,467.00    AUD : 9,986.60    GBP : 18,464.66    SGD : 10,527.61    JPY : 13,157.31    EUR : 16,163.37    CNY : 2,087.00