Apresiasi Menteri Keuangan Kepada Fiji Sebagai Tuan Rumah Sidang Tahunan ADB 2019


Fiji, (2/5): Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati menyampaikan selamat dan apresiasi kepada Menteri Keuangan sekaligus Jaksa Agung Fiji, Mr. Aiyaz Sayed-Khaiyum atas kesuksesan Fiji menjadi tuan rumah rangkaian sidang tahunan Asian Development Bank (ADB) 2019. Pada kesempatan yang sama, Aiyaz Sayed juga menyampaikan terima kasih dan aspresiasinya atas bantuan Pemerintah Indonesia beberapa waktu lalu ketika Fiji tertimpa bencana alam. Dimana bantuan Indonesia salah satunya diberikan dalam bentuk pembangunan sekolah.

Dengan persamaan latar belakang sebagai negara yang rawan bencana, Menkeu RI juga berbagi pengalaman Indonesia dalam menyiapkan pendanaan anggaran untuk menghadapi bencana alam. Selain itu, kedua Menkeu juga bertukar pengalaman dan pengetahuan terkait penerbitan green bonds. Indonesia dan Fiji merupakan negara berkembang yang sukses menerbitkan green bonds di dunia. Bahkan saat ini, Fiji tengah mempersiapkan blue bonds, yaitu pendanaan untuk konservasi laut guna mendukung program climate change.

Di samping itu, keduanya juga sepakat untuk meningkatkan kerja sama ekonomi dan keuangan antara Indonesia dan Fiji. Pemerintah Fiji berencana melakukan diversifikasi pendanaan untuk BUMN mereka terutama pada sektor pariwisata dan energi. Fiji mengundang investor dari Indonesia untuk berinvestasi di sana. Tawaran ini disambut baik oleh Indonesia. Khusus untuk pariwisata, Indonesia akan terus melakukan kerja sama dengan Fiji dan akan melibatkan beberapa instrumen, seperti Kerja sama Selatan – Selatan.

  Kurs Pajak : KMK Nomor 24/MK.10/2019,   USD : 14,467.00    AUD : 9,986.60    GBP : 18,464.66    SGD : 10,527.61    JPY : 13,157.31    EUR : 16,163.37    CNY : 2,087.00