BKF Diseminasikan Tinjauan Ekonomi, Keuangan, dan Fiskal (TEKF) Edisi I 2019


Jakarta, (30/4); Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan pada hari Selasa (30/4) menyelenggarakan diseminasi Tinjauan Ekonomi, Keuangan, dan Fiskal (TEKF) Edisi I tahun 2019 di aula gedung R.M. Notohamiprodjo lantai 2, Kementerian Keuangan. TEKF adalah publikasi yang diterbitkan Badan Kebijakan Fiskal yang memuat mengenai perkembangan kebijakan ekonomi, fiskal, dan keuangan dengan periode publikasi triwulanan.

Pada diseminasi yang dibuka oleh Basuki Purwadi, Sekretaris Badan Kebijakan Fiskal ini, Kepala Pusat Kebijakan Ekonomi Makro, Adriyanto menyampaikan presentasi mengenai TEKF Edisi I Tahun 2019. Adriyanto menyampaikan bahwa TEKF terdiri dari 3 bagian, yaitu: Bab I. Perkembangan Ekonomi Makro; Bab II. Kinerja APBN dan Kebijakan Fiskal, dan; Bab III. Ulasan Khusus. Dikatakan Adriyanto, TEKF Edisi I Tahun 2019 ini mengambil tema Melaju di Tengah Gejolak Global, menitikberatkan pada capaian kinerja ekonomi dan fiskal Indonesia yang baik di tahun 2018, meskipun di tengah kondisi global yang menantang. “Pada tahun 2018, tantangan eksternal masih cukup tinggi dan memengaruhi kondisi domestik. Namun, kondisi fundamental domestik masih terjaga dan aktivitas ekonomi terus menunjukkan perbaikan,” kata Adriyanto.

Pada kesempatan ini, Ulasan Khusus TEKF berjudul Upaya Menurunkan Kemiskinan dan Ketimpangan Melalui Bantuan Sosial Tepat Sasaran dipaparkan oleh Ali Moechtar, Kepala Subbidang Analisis Kesejahteraan dan Ketenagakerjaan, BKF. Menurut Ali, bantuan sosial seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Program Indonesia Pintar (PIP), dan program-program lainnya telah berperan secara signifikan dalam membantu orang miskin, tetapi diperlukan kebijakan yang lebih baik untuk memastikan bantuan sosial mencapai tujuan dalam menurunkan kemiskinan dan ketimpangan.

Setelah pemaparan mengenai Ulasan Khusus TEKF, acara dilanjutkan dengan diskusi bersama dua panelis, yakni Vivi Yulaswati, Direktur Penanggulangan Kemiskinan dan Kesejahteraan Sosial, Bappenas, dan Martin Siyaranamual, Spesialis Analis Kuantitatif Kebijakan Bantuan Sosial, TNP2K. (atw/fms)

  Kurs Pajak : KMK Nomor 24/MK.10/2019,   USD : 14,467.00    AUD : 9,986.60    GBP : 18,464.66    SGD : 10,527.61    JPY : 13,157.31    EUR : 16,163.37    CNY : 2,087.00