Kepala BKF: Cashless Society Beri Dampak Positif terhadap Ekonomi


Jakarta, (30/7); Kepala BKF, Suahasil Nazara, pada hari Selasa (30/7) menyampaikan bahwa cashless society yang berkembang saat ini dapat memberikan dampak positif. “Bagi masyarakat, cashless society dapat meningkatkan kepraktisan, efisiensi, dan kenyamanan transaksi keuangan,” kata Suahasil dalam acara International Conference of Humanities and Applied Science (ICHAS) di auditorium Universitas Mercubuana, Jakarta. Selain untuk masyarakat, Suahasil menyampaikan cashless society juga memberi manfaat bagi dunia bisnis dan pemerintah. Bagi bisnis, manfaat cashless society antara lain adalah mengurangi biaya transaksi, sedangkan bagi pemerintah manfaatnya adalah meningkatkan pemantauan dan pengelolaan sistem pembayaran.

Lebih lanjut, Suahasil mengatakan bahwa Cashless Society memberi dampak positif terhadap ekonomi. “Cashless Society dapat berkontribusi dalam mengurangi kemiskinan dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif,” Ujar Suahasil. Berdasarkan data dari International Monetary Fund (IMF), dalam periode lima tahun terakhir, pertumbuhan ekonomi Indonesia menempati urutan ke-3 di dunia setelah India dan China. “Ängka kemiskinan dan pengangguran di Indonesia juga turun step by step,” ungkap Suahasil.

Namun demikian, menurut Suahasil, lahirnya Cashless Society juga diikuti dengan berbagai tantangan. Pertama, digital divide atau kesenjangan digital. Tidak semua masyarakat di Indonesia telah terkoneksi dengan baik, terutama masyarakat yang tinggal di pedalaman. Untuk itu, Suahasil mengatakan pemerintah perlu membangun konektivitas di seluruh wilayah Indonesia. Kedua, consumer protection terhadap identitas atau data pengguna. Dan ketiga yakni regulasi atau kebijakan. “Pemerintah harus menyediakan kebijakan dan peraturan yang sehat yang dapat menyeimbangkan inovasi dan perlindungan konsumen,” tutup Suahasil. (atw/cs)

  Kurs Pajak : KMK Nomor 36/MK.10/2019,   USD : 14,253.00    AUD : 9,661.25    GBP : 17,251.26    SGD : 10,303.32    JPY : 13,448.26    EUR : 15,959.94    CNY : 2,012.66