tekf

Edisi II 2019: Tumbuh Stabil Dalam Tekanan Global

Tekanan di perekonomian global menunjukkan peningkatan intensitas, terutama sejak isu perang dagang kembali memanas. Hal tersebut semakin memberikan beban pada aktivitas ekonomi global yang sedang melambat. Dengan kondisi demikian, Indonesia masih harus mengandalkan kekuatan domestik di dalam menjaga pertumbuhan dan pembangunan ekonomi.

Download

tekf

Edition II 2019: Maintaining Stable Growth amidst Global Uncertainty

The theme of this 2nd edition of Tinjauan Ekonomi, Keuangan, dan Fiskal (TEKF) in 2019 is Maintaining Stable Growth amidst Global Uncertainty, which highlights Indonesia's sound economic perfomance in the midst of increasing global risk. There is a special chapter in this edition that describes the approach the government is taking to address disaster risk finance and insurance as a breakthrough policy to support sustainable development. The report also includes two boxes that discuss the recent rating upgrade and the adoption of international fiscal transparency standards in the reporting of tax expenditures.

Download

tekf

Edisi I 2019: Melaju di Tengah Gejolak Global

Selama tahun 2018, perekonomian global memberikan banyak tantangan yang bersumber dari perubahan arah kebijakan negara besar seperti normalisasi kebijakan moneter Amerika Serikat (AS). Kebijakan tersebut yang dibarengi oleh pelebaran defisit AS telah menimbulkan gejolak pada sektor keuangan negara berkembang seiring dengan terjadinya penarikan arus modal serta penguatan dolar AS. Dinamika global juga diwarnai oleh fluktuasi harga minyak yang cukup tajam yang antara lain terpengaruh oleh faktor pasokan serta tensi geopolitik. Ke depan, prospek pertumbuhan ekonomi dan perdagangan global diperkirakan akan melambat dibayangi faktor penurunan produktivitas kelompok negara maju serta isu perang dagang antara AS dan Tiongkok. Sementara pada kelompok negara berkembang perlambatan pertumbuhan Tiongkok menjadi salah satu sumber tekanan yang perlu terus diwaspadai.

Download

tekf

Triwulan IV 2018: Memperkokoh Fondasi untuk Transformasi Ekonomi ke Depan

Tinjauan Ekonomi, Keuangan, dan Fiskal Edisi IV Tahun 2018 ini mengambil Memperkokoh Fondasi Untuk Transformasi Ekonomi ke Depan, menitikberatkan pada capaian kinerja ekonomi dan fiskal yang baik, serta langkah-langkah yang ditempuh untuk menciptakan stabilitas dengan tetap menjaga momentum pertumbuhan. Dalam edisi ini juga terdapat box yang mengulas hasil penyelenggaraan IMF-World Bank Annual Meeting 2018 serta beberapa insiatif strategis Pemerintah yang baru diluncurkan seperti Disaster Risk Financing Insurance dan Tax Expenditure. Selain itu, Bab III dari tinjauan ini juga mengulas secara khusus strategi transformasi Indonesia untuk menjadi negara maju.

Download

tekf

Triwulan III 2018: Fiskal yang Solid di Tengah Volatilitas Perekonomian

Tinjauan Ekonomi, Keuangan, dan Fiskal Edisi III Tahun 2018 ini mengambil tema Fiskal yang Solid di Tengah Volatilitas Perekonomian, menitikberatkan pada kebijakan fiskal yang pruden dan solid di tengah gejolak global. Di samping itu, tinjauan ini juga menekankan pada langkah-langkah yang ditempuh pemerintah dalam menjaga stabilitas termasuk di dalam pengelolaan impor dan defisit transaksi berjalan. Edisi ini juga akan mengulas secara khusus kebijakan kepemilikan asing pada perusahaan perasuransian.

Download

tekf

Triwulan II 2018: Stabilitas Ekonomi Untuk Kesinambungan Pembangunan

Tinjauan Ekonomi, Keuangan, dan Fiskal Edisi II Tahun 2018 ini mengambil tajuk Stabilitas Ekonomi Untuk Kesinambungan Pembangunan, menitikberatkan pada terjaganya stabilitas ekonomi Indonesia serta upaya-upaya Pemerintah dan otoritas untuk memperkuat stabilitas tersebut di tengah kondisi perekonomian global yang memasuki menuju keseimbangan baru. Edisi ini, juga akan mengulas secara khusus strategi reformasi perpajakan yang akan ditempuh dalam jangka menengah untuk memperkuat kerangka fiskal.

Download

ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN


KONTAK: Jl. Dr. Wahidin No. 1 Gd. R. M. Notohamiprodjo, Jakarta Pusat 10710
email: ikp@fiskal.kemenkeu.go.id

  Kurs Pajak : KMK Nomor 36/MK.10/2019,   USD : 14,253.00    AUD : 9,661.25    GBP : 17,251.26    SGD : 10,303.32    JPY : 13,448.26    EUR : 15,959.94    CNY : 2,012.66