Analisis Efektivitas Banun Operasional Sekolah (BOS) Pada Departemen Pendidikan Nasional

Authors

  • Abdul Aziz

DOI:

https://doi.org/10.31685/kek.v13i2.160

Keywords:

Penganggaran berbasis kinerja, Uji efektivitas outcome program BOS, paired sampe T test, bahan masukan / pedoman dalam uji efektivitas outcome

Abstract

Salah satu amanah dari Undang - Undang Keuangan Negara adalah penerapan sistem penganggaran berbasis yang kinerja berorientasi pada hasil (output based) dari program pemerintah dengan cara meningkatkan efisiensi sumber aya yang terbatas dan efektif dalam pencapaian output dan outcomenya.

Pemerintah perlu melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi dalam mencapai target tersebut (efisien dan efektif) agar terjadi perbaikan kualitas pelaksanaan program dan kegiatan di masa yang akan datang.

Salah satu metodologi penelitian untuk mengetahui tingkat efektivitas suatu program/kegiatan dengan cara melakukan uji sampel t berpasangan (paired sample t test) terhadap setiap outcome yang diharapkan dari program BOS ini.

Dari uji statistik dengan tool SPSS ini akan dihasilkan kesimpulan ilmiah setiap variable outcomenya yaitu apakah dengan adanya program BOS variable outcome yang diuji (yang terdiri dari variable APK, APM, Siswa mendaftar, Putus sekolah, Lulus sekolah dan Lanjut sekolah di tingkat SD dan SMP) mengalami perbedaan yang signifikan (terjadi perbaikan) dengan sebelum pelaksanaan BOS? Atau dengan kata lain, apakah BOS efektif memperbaiki variable - variable outcome tersebut.

Pada akhirnya, uji statistik ini bisa menjadi model / bahan masukan / pedoman bagi kementerian Negara / lembaga dan Kementerian Departemen Keuangan dalam melakukan uji efektivitas program / kegiatan di lingkungannya masing - masing.

Downloads

Published

2009-07-01

Issue

Section

Articles