Pemisahan Fungsi AR (Account Representative) untuk Pelayanan dan Penerimaan Pajak yang Lebih Baik
DOI:
https://doi.org/10.31685/kek.v20i1.179Abstract
Berbagai upaya telah dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) untuk meningkatkan penerimaan pajak dan tax ratio. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memisahkan fungsi Account Representative (AR) menjadi fungsi pelayanan dan fungsi pengawasan dengan tujuan meningkatkan tertib administrasi, efektivitas dan kinerja organisasi instansi vertikal di lingkungan DJP. Pemisahan ini diharapkan dapat meningkatkan kepuasan Wajib Pajak atas pelayanan yang diberikan. Penelitian sebelumnya
menunjukkan bahwa kepuasan Wajib Pajak berpengaruh terhadap peningkatan kepatuhan Wajib Pajak yang pada akhirnya meningkatkan tax ratio. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode SERVQUAL dan Importance Performance Analysis (IPA) untuk mengetahui apakah menurut Wajib Pajak ada peningkatan kualitas layanan yang diberikan AR setelah pemisahan fungsi serta untuk mengetahui apa saja layanan AR yang perlu
dioptimalkan untuk meningkatkan kepuasan Wajib Pajak. Hasilnya
menunjukkan bahwa meskipun Wajib Pajak menganggap terjadi peningkatan kualitas layanan AR, akan tetapi aspek sarana dan prasarana, kompetensi AR serta perlunya AR untuk segera menginformasikan perubahan ketentuan perpajakan yang berkaitan dengan bisnis Wajib Pajak menjadi unsur yang perlu ditingkatkan kualitasnya.
References
Alink, M dan Kommer, V. (2011). Handbook on Tax Administration. Amsterdam: IBFD.
Bird, R. M. (1992). Improving Tax Administration in Developing Countries. Journal of Tax Administration
Vol 1.1.
Bogdan, R.C. and Biklen, S. (1982). Qualitative Research for Education: An introduction to Theory and Methods.
Boston: Allyn and Bacon, Inc.
Brown, R E dan Mazur, M J. (2003). IRS’S Comprehensive Approach to Compliance Measurement. IRS.
Budiarso, A. 2014. Improving Government Performance In Indonesia: The Experience of the Balanced Scorecard in the
Ministry of Finance. Disertasi Doktoral. Universitas Canverra Australia.
Creswell, J. W. (2003). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches.
California: Sage Publications Inc.
Crotty, M. (1998). The Foundations of Social Research. London: Sage Publications Ltd.
CTO. (2015). Laporan Semester I Program Transformasi Kelembagaan Tahun 2015. Central Transformation
Office.
Direktorat Jenderal Pajak. (2015a). Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-34/PJ/2015 Tentang Tata
Cara Penatausahaan Pemindahan Wajib Pajak dan/atau Pengusaha Kena Pajak Dalam Rangka Reorganisasi
Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Pajak.
____________. 2015b. Peraturan Menteri Keuangan Nomor PMK-79/PMK.01/2015 Tentang Account Representative
pada Kantor Pelayanan Pajak.
____________. 2014a. Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP-13/PJ/2014 Tentang Penunjukan Kantor
Pelayanan Pajak Pratama dalam Rangka Uji Coba Penataan Tugas dan Fungsi Account Representative pada
Kantor Pelayanan Pajak Pratama.
____________. 2014b. Peraturan Menteri Keuangan Nomor PMK-206.2/PMK.01/2014 Tentang Organisasi dan Tata
Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Pajak.
____________. 2007. “Modernisasi Administrasi Perpajakan.†Laporan Tahunan 2007. DJP.
Ganesh dan Haslinda. (2014). “Evolution and Conceptual Development of Service Quality in Service
Marketing and Customer Satisfaction.†International Review of Management and Business Research Vol.3.
Gunadi M, D. (2005). Administrasi Perpajakan. Jakarta: LPKPAP.
Hair, J.F., R.E. Anderson, R.L. Tatham, W.C Black. 1998. Multivariate Data Analysis. Ed. ke-5. Prentice-
Hall, Inc. Englewood Cliffs, NJ.
Hasseldine. J. (2007). Study into: “Best Practice†in Tax Administration. Consultancy Report for the National Audit
Office.
Hendri. (2012). Perbandingan Sistem Administrasi Pemungutan Pajak Indonesia dengan Republik Rakyat Cina.
Tesis. FISIP UI.
Hutagaol, dkk. (2007). Strategi Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak. Jakarta: Akuntanbilitas.
Ilyas, W B dan Burton, R. (2010). Hukum Pajak. Jakarta: Salemba Empat.
IMF. (2014). Tax Policy and Administration –Setting a Strategy for the Coming Years. 1-44.
Inkrispena. (2015). “Perkembangan dan Komposisi Pajak Indonesia.†http://chirpstory.com/li/ 249922
(diakses pada 26 Januari 2016).
Jacobs, A. (2013). Detailed Guidelines for Improved Tax Administration in Latin America and The Caribbean.
Deloitte Consulting LLP. 105.
Jeffrey, O. (2006). “Fundamental Tax Reform: An International Perspective.†National Tax Journal
Vol.109 no. 1.
Kabir, H dan Carlsson, T. (2010). Expectations, perceptions and satisfaction about Service Quality at destination
Gotland – A case Study. Gotland University.
Kementerian Keuangan Republik Indonesia. (2015). Keputusan Menteri Keuangan Nomor 1104/KMK.01/2015
tentang Peraturan Pengganti dari Keputusan Menteri Keuangan Nomor 453/KMK.01/2013 tentang Perubahan
Kedua atas Keputusan Menteri Keuangan Nomor 357/KMK.01/2011 tentang Peringkat Jabatan Pegawai
Pelaksana di Lingkungan Kementerian Keuangan.
Kitcharoen, K. (2004). “The Importance-Performance analysis of service quality in administrative
departments of private universities in Thailand.†ABAC Journal. Vol. 24. Hal 20-46.
KPP Pratama Bandung Cibeunying. (2015). http://ekstensifikasi423.blogspot.co.id/2015/05/ accountrepresentative-
ar-dulu-dan-kini.html. (Diakses pada 6 November 2015).
KPP Pratama Serpong. (2015). https://www.facebook.com/KPP-Pratama-Serpong/. (Diakses pada 15 Januari
.
Marshall, R. (2010). “Ethical Issues Facing Tax Professionals.†Asian Review of Accounting. Vol. 18. No. 3.
Martilla, J.A. dan James, J.C. (1977). “Importance-Performance Analysis.†Journal of marketing. Vol. 41.
No. 1: 77-79
MORI. (2002). Public Service Reform- Measuring & Understanding Customer Satisfaction. London: Social
Research Institute.
Musgrave, R dan Musgrave, P. (1984). Public Finance in Theory and Practice. McGraw-Hill.
Nurmantu, S. (2003). Pengantar Perpajakan. Jakarta: Granit.
OECD Centre for Tax Policy and Administration. (2001a). Taxpayer’s Rights and Obligations.
____________. 2001b. Principles of Good Tax Administration.
Parasuraman, A dkk. (1988). “SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer
Perceptions of Service Quality.†Journal of Retailing Vol. 64. No.1: 12-40.
Rini Winati. (2015). “Versi Menkeu Capaian Pajak Bersejarah Vs Ekonom Lihat APBN Jebol. Mana
Benar?†http://www.bareksa.com/id/text/2015/12/29/versi-menkeucapaian-pajak-bersejarah-vs-ekonom-lihatapbn-
jebol-manabenar/12300/news. (Diakses pada 26 Januari 2016).
Setyaningrum, S D. (2008). Evaluasi Kinerja Pelayanan Account Representative Melalui Pengukuran Tingkat
Kepuasan Wajib Pajak Di KPP Madya Tangerang. Tesis Pascasarjana UI.
Silvani, C. (1997). Designing a Tax Administration Reform Strategy: Experienced and Guidelines. IMF. Fiscal
Affair Department.
Simamora, P. (2006). Pengaruh Kepuasan Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Tesis Pascasarjana
UI.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suparnyo. (2012). Hukum Pajak Suatu Sketsa Asas. Semarang: Pustaka Magister.
Syahputra, R. P. (2012). Analisis Pengaruh Implementasi Kebijakan Pembentukan Account Representative
Terhadap Kepuasan Wajib Pajak dan Petugas Pajak Lainnya Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama: Studi
Pada KPP Pratama Jakarta Pasar Rebo. Tesis Pascasarjana UI.
Treasury. (2015). “Taxation.†http://www.treasury.gov.au/Policy-Topics/Taxation. (Diakses pada 2 Februari
.
Waluyo, dan Wirawan B. Ilyas, (2003). Perpajakan Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.
Zeithaml, V. A., Parasuraman, A., dan Berry, L. L. (1990). Delivering Quality Service: Balancing Customer
Perceptions and Expectations. New York: The Free Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
STATEMENT OF AUTHENTICITY AND COPYRIGHT RELEASE
I hereby certify that:
- The article (Article title) is authentic and never being published previously or will be published in other publication as well as not a plagiarism in any form.
- The article does not have any issue with other parties, regarding of the publication copyright.
- All the authors have read this statement and agree with the name and sequence.
- Hereby, I transfer the copyright of my article (Article title) to the KEK Editorial Board . this copyright transfer includes a right to reproduce a photograph for the similar article and its translation. This is also including a right to upload the article into a computer system which disseminated widely on the internet.
- Hereby, I agree with my article (Article title) to be published by KEK Volume (xx) Edition (x), under Creative Common Attribution- NonCommercial-ShareAlike 4.0 licensing. This is also including a right to upload the article into a computer system which disseminated widely on the internet.
Name : (Full Name)
Date : (Signing date)