Strategi Pemerintah Indonesia Dalam Menarik Kunjungan Turis Mancanegara
DOI:
https://doi.org/10.31685/kek.v20i1.181Abstract
Pariwisata merupakan salah satu sektor yang penting bagi perekonomian Indonesia. Sumbangan langsung sektor pariwisata terhadap PDB mencapai lebih dari 3,8% pada 2012 atau mencapai hingga 9% dari PDB jika mempertimbangkan multiplier effect dari PDB. Walaupun pertumbuhan sektor pariwisata Indonesia tinggi, jika dibandingkan dengan negaranegara kompetitor lainnya di kawasan ASEAN maka Indonesia masih jauh tertinggal. Mengingat potensi sektor pariwisata Indonesia di masa depan, maka diperlukan berbagai strategi untuk menarik lebih banyak wisatawan mancanegara dan mengembangkan pariwisata Indonesia. Penelitian ini menganalisis berbagai strategi yang dilakukan oleh pemerintah dalam menarik lebih banyak wisatawan mancanegara ke Indonesia. Metodologi yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis SWOT untuk menyiapkan strategi yang tepat bagi pengembangan sektor pariwisata di Indonesia. Penelitian ini merekomendasikan berbagai strategi yang harus diambil dan diperbaiki Pemerintah untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.References
Amdani, S. (2008). Analisis Potensi Obyek Wisata Alam Pantai Di Kabupaten Gunung Kidul. Skripsi
Universitas Muhammadiyah Surakarta Surakarta.
Bappenas. (2014). Pembangunan Pariwisata 2015-2019. Jakarta, Desember 2014.
Badan Pusat Statistik. (2014). Statistik Indonesia. Jakarta: BPS.
Central Intelligent Agency. (2015). CIA Fact Book Indonesia. Diakses pada 15 Februari 2016, dari
https://www.cia.gov/library/publications/the-world-factbook/geos/id.html.
Chandler, A.D. (1962). Strategy and Structure: Chapters in The History of The American Enterprise. Washington
DC: Beard Book
Fandelli, C. (2002). Perencanaan Kepariwisataan Alam. Yogyakarta: Fakultas Kehutanan Universitas
Gajah Mada.
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (2014). Rencana Strategis Kementerian Pariwisata dan
Ekonomi Kreatif 2014-2019, Jakarta.
Muttaqin, T., Purwanto, R.H., & Rufiqo, S.N. (2013). Kajian Potensi dan Strategi Pengembangan
Ekowisata di Cagar Alam Pulau Sempu Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur. Jurnal Gamma, 6
(2).
Nurdianti, A., Ningsih, S & Sustri. (2013). Potensi Pengembangan Wisata Alam di Habitat Maleo
(Macrocephalon Maleo) Taman Nasional Lore Lindu Bidang Pengelolaan Wilayah (Bpw) I Saluki Kec. Gumbasa
Kab. Sigi, Warta Rimba, 1 (1), 1-8.
Oktayudianto, P.D. (2011) Strategi Pemasaran Potensi Wisata Komplek Candi Dieng di Kabupaten Wonosobo
dengan Metode Analisis SWOT dan Benchmarking Studi Kasus di Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten
Magelang. Diss. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Rangkuti, F. (2003). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Satria, D. (2012). Strategi Pengembangan Ekowisata Berbasis Ekonomi Lokal dalam Rangka Program
Pengentasan Kemiskinan di Wilayah Kabupaten Malang. Journal of Indonesian Applied Economics, 3
(1).
Spillane, J.J. (1994). Pariwisata Indonesia: Siasat Ekonomi dan Rekayasa Kebudayaan. Volume. 5. Jakarta:
Kanisius,.
Soebagyo. (2012). Strategi Pengembangan Pariwisata di Indonesia. Jurnal Liquidity, 1 (2).
United Nations World Tourism Organization. (2007). UNWTO Annual Report 2007.
United Nations World Tourism Organization. (2013). Tourism Basic Glossary. Diakses pada 17 Juni 2015,
dari http://media.unwto.org/en/content/understanding-tourism-basic-glossary.
United Nations World Tourism Organization. (2014). UNWTO Annual Report 2014.
UNWTO, lihat United Nations World Tourism Organization.
Utami, E., & Imron, A. (2012). Perumusan Strategi Perusahaan Berdasarkan Competitive
Advantage. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 11(2), 154-164.
Widiyanto, D., Handoyo, J.P., & Fajarwati, A. (2008). Pengembangan Pariwisata Perdesaan (Suatu
Usulan Strategi bagi Desa Wisata Ketingan). Jurnal Bumi Lestari, 8(2).
World Bank, (2013). World Development Indicators Data. Diakses pada 15 Juni 2015, dari
http://data.worldbank.org/indicator/ST.INT.XPND.MP.ZS.
World Economic Forum. (2014). The Global Competitiveness Index Report 2014-2015. Geneva: World
Economic Forum.
Downloads
Published
Issue
Section
License
STATEMENT OF AUTHENTICITY AND COPYRIGHT RELEASE
I hereby certify that:
- The article (Article title) is authentic and never being published previously or will be published in other publication as well as not a plagiarism in any form.
- The article does not have any issue with other parties, regarding of the publication copyright.
- All the authors have read this statement and agree with the name and sequence.
- Hereby, I transfer the copyright of my article (Article title) to the KEK Editorial Board . this copyright transfer includes a right to reproduce a photograph for the similar article and its translation. This is also including a right to upload the article into a computer system which disseminated widely on the internet.
- Hereby, I agree with my article (Article title) to be published by KEK Volume (xx) Edition (x), under Creative Common Attribution- NonCommercial-ShareAlike 4.0 licensing. This is also including a right to upload the article into a computer system which disseminated widely on the internet.
Name : (Full Name)
Date : (Signing date)