Strategi Pemerintah Indonesia Dalam Menarik Kunjungan Turis Mancanegara

Authors

  • Mahpud Sujai

DOI:

https://doi.org/10.31685/kek.v20i1.181

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu sektor yang penting bagi perekonomian Indonesia. Sumbangan langsung sektor pariwisata terhadap PDB mencapai lebih dari 3,8% pada 2012 atau mencapai hingga 9% dari PDB jika mempertimbangkan multiplier effect dari PDB. Walaupun pertumbuhan sektor pariwisata Indonesia tinggi, jika dibandingkan dengan negaranegara kompetitor lainnya di kawasan ASEAN maka Indonesia masih jauh tertinggal. Mengingat potensi sektor pariwisata Indonesia di masa depan, maka diperlukan berbagai strategi untuk menarik lebih banyak wisatawan mancanegara dan mengembangkan pariwisata Indonesia. Penelitian ini menganalisis berbagai strategi yang dilakukan oleh pemerintah dalam menarik lebih banyak wisatawan mancanegara ke Indonesia. Metodologi yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis SWOT untuk menyiapkan strategi yang tepat bagi pengembangan sektor pariwisata di Indonesia. Penelitian ini merekomendasikan berbagai strategi yang harus diambil dan diperbaiki Pemerintah untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.

References

Amdani, S. (2008). Analisis Potensi Obyek Wisata Alam Pantai Di Kabupaten Gunung Kidul. Skripsi

Universitas Muhammadiyah Surakarta Surakarta.

Bappenas. (2014). Pembangunan Pariwisata 2015-2019. Jakarta, Desember 2014.

Badan Pusat Statistik. (2014). Statistik Indonesia. Jakarta: BPS.

Central Intelligent Agency. (2015). CIA Fact Book Indonesia. Diakses pada 15 Februari 2016, dari

https://www.cia.gov/library/publications/the-world-factbook/geos/id.html.

Chandler, A.D. (1962). Strategy and Structure: Chapters in The History of The American Enterprise. Washington

DC: Beard Book

Fandelli, C. (2002). Perencanaan Kepariwisataan Alam. Yogyakarta: Fakultas Kehutanan Universitas

Gajah Mada.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (2014). Rencana Strategis Kementerian Pariwisata dan

Ekonomi Kreatif 2014-2019, Jakarta.

Muttaqin, T., Purwanto, R.H., & Rufiqo, S.N. (2013). Kajian Potensi dan Strategi Pengembangan

Ekowisata di Cagar Alam Pulau Sempu Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur. Jurnal Gamma, 6

(2).

Nurdianti, A., Ningsih, S & Sustri. (2013). Potensi Pengembangan Wisata Alam di Habitat Maleo

(Macrocephalon Maleo) Taman Nasional Lore Lindu Bidang Pengelolaan Wilayah (Bpw) I Saluki Kec. Gumbasa

Kab. Sigi, Warta Rimba, 1 (1), 1-8.

Oktayudianto, P.D. (2011) Strategi Pemasaran Potensi Wisata Komplek Candi Dieng di Kabupaten Wonosobo

dengan Metode Analisis SWOT dan Benchmarking Studi Kasus di Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten

Magelang. Diss. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rangkuti, F. (2003). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Satria, D. (2012). Strategi Pengembangan Ekowisata Berbasis Ekonomi Lokal dalam Rangka Program

Pengentasan Kemiskinan di Wilayah Kabupaten Malang. Journal of Indonesian Applied Economics, 3

(1).

Spillane, J.J. (1994). Pariwisata Indonesia: Siasat Ekonomi dan Rekayasa Kebudayaan. Volume. 5. Jakarta:

Kanisius,.

Soebagyo. (2012). Strategi Pengembangan Pariwisata di Indonesia. Jurnal Liquidity, 1 (2).

United Nations World Tourism Organization. (2007). UNWTO Annual Report 2007.

United Nations World Tourism Organization. (2013). Tourism Basic Glossary. Diakses pada 17 Juni 2015,

dari http://media.unwto.org/en/content/understanding-tourism-basic-glossary.

United Nations World Tourism Organization. (2014). UNWTO Annual Report 2014.

UNWTO, lihat United Nations World Tourism Organization.

Utami, E., & Imron, A. (2012). Perumusan Strategi Perusahaan Berdasarkan Competitive

Advantage. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 11(2), 154-164.

Widiyanto, D., Handoyo, J.P., & Fajarwati, A. (2008). Pengembangan Pariwisata Perdesaan (Suatu

Usulan Strategi bagi Desa Wisata Ketingan). Jurnal Bumi Lestari, 8(2).

World Bank, (2013). World Development Indicators Data. Diakses pada 15 Juni 2015, dari

http://data.worldbank.org/indicator/ST.INT.XPND.MP.ZS.

World Economic Forum. (2014). The Global Competitiveness Index Report 2014-2015. Geneva: World

Economic Forum.

Downloads

Published

2016-04-01

Issue

Section

Articles