Analisis Kesuksesan Implementasi Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) pada Satuan Kerja di Lingkungan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK)

Tenry Nur Amriani, Azwar Iskandar
| Abstract views: 709 | views: 409

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis dan mengukur sejauhmana kesuksesan implementasi SAKTI yang telah berjalan selama ini berdasarkan sudut pandang pengguna (user) sebagai sistem yang bersifat mandatory pada satker di lingkungan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari data primer berupa data yang diperoleh dengan metode survei dengan mengirimkan kuesioner kepada para user SAKTI. Dengan teknik purposive sampling dan pendekatan kuantitatif Pemodelan Persamaan Struktural atau Structural Equation Modelling (SEM) berbasis komponen atau varian dengan Partial Least Square (PLS), penelitian ini menguji pengaruh indikator pengukuran kesuksesan penerapan  sistem  teknologi  informasi  aplikasi SAKTI berdasarkan model pengukuran DeLone dan McLean (2003) dan Pambudi et al. (2018). Model ini menggunakan lima variabel pengukuran kesuksesan sistem informasi yang terdiri atas variabel kualitas informasi, kualitas sistem, kualitas layanan, kepuasan pengguna dan manfaat bersih. Penelitian membuktikan bahwa implementasi aplikasi SAKTI di lingkungan BPPK (khususnya pada sampel penelitian) secara empiris belum berjalan sukses dan berhasil berdasarkan indikator atau pendekatan model kesuksesan DeLone dan McLean. Dari empat hipotesis yang diajukan, kualitas sistem berpengaruh terhadap kepuasan pengguna, kepuasan pengguna juga berpengaruh terhadap manfaat bersih bagi pengguna, sedangkan kualitas informasi dan kualitas layanan tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna SAKTI secara terintegrasi. Kementerian Keuangan dalam hal ini DJPB (Direktorat SITP, Hai DJPB, Kanwil dan KPPN) diharapkan dapat meningkatkan kualitas informasi dan layanan yang dihasilkan dari aplikasi, dalam rangka memperkuat dan memperluas penerapan SAKTI sebagai sebuah upaya dalam meningkatkan kualitas dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara yang terintegrasi.

Keywords

sakti; delone; mclean; sistem; informasi

Full Text:

PDF

References

Almutairi, H. (2001). Evaluating information system success in public organizations: A theoretical model and empirical validation. Disertasi Doktor, The Pennsylvania State University. Diakses dari: http://eresources.perpusnas.go.id.

Azmia, N. U. (2017). Pengaruh kualitas layanan, kualitas sistem, kualitas informasi SIKPD berbasis web pemerintah Kota Malang terhadap kepuasan pengguna dan kinerja individu (Skripsi tidak dipublikasikan). Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya, Malang.

Bailey, J. E., & Pearson, S. W. (1983). Development of a tool for measuring and analyzing computer user satisfaction. Management Science, 29(5), 530-545.

Chin, W. W. (1998). The partial least squares approach to structural equation modeling. Modern methods for business research, 295(2), 295-336.

Davis, F. D. 1989. Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Technology. MIS Quarterly. 13(3), 319-340.

DeLone, W. H., & McLean, E. R. (1992). Information systems success: The quest for the dependent variable. Information systems research, 3(1), 60-95.

Delone, W. H., & McLean, E. R. (2003). The DeLone and McLean model of information systems success: a ten-year update. Journal of management information systems, 19(4), 9-30.

Diamond, J., Khemani, P. (2005). IMF working paper: Introduction financial management information system in developing countries. International Monetary Fund. Diakses dari: https://www.imf.org/external/pubs/ft/wp/2005 /wp05196.pdf

Ghozali, I. (2008). Structural Equation Modeling metode alternatif dengan Partial Least Square (2nd ed.). Semarang: BP-Universitas Diponegoro.

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares: konsep, teknik dan aplikasi menggunakan Program SmartPLS 3.0 untuk penelitian empiris. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Goodhue, D. L. & Thompson, R. L. (1995). Task-technology fit and individual performance. MIS Quarterly, 19(2), 213-236

Halawi, L., McCarthy, R. (2007). Measuring faculty perceptions of blackboard using the Technology Acceptance Model. Information Systems, 8(2). Diakses dari: https://commons.erau.edu/publication/313.

Hartono, J. (2011). Metodologi Penelitian Bisnis: Salah Kaprah dan Pengalaman-pengalaman. Yogyakarta: BPFE.

Iskandar, A., Amriani, T., & Subekan, A. (2016). Evaluasi Atas Implementasi Aplikasi Sistem Akuntansi Instansi Basis Akrual (SAIBA) Dengan Pendekatan Delone & McLean Information System Success Model (Studi Kasus Mitra Kerja KPPN Gorontalo dan Marisa) (Evaluation on Implementation of Accrual Basic Application System (SAIBA) Using Delone & McLean Information System Success Model (Case Study of Stakeholders of KPPN Gorontalo and Marisa). Jurnal Tata Kelola & Akuntabilitas Keuangan Negara, JTAKEN, 2(2), 111-136.

Ives, B., Olson, M., & Baroudi, S. (1983). The Measurement of User Information Satisfaction. Communcations of the ACM.

Kettinger, W. J., & Lee, C. C. (1994). Perceived service quality and user satisfaction with the information services function. Decision sciences, 25(5‐6), 737-766.

Latifah, L., & Sabeni, A. (2007). Prosiding Simposium Akuntansi Nasional X: Faktor Keprilakuan Organisasi dalam Implementasi Sistem Akuntansi Keuangan Daerah (Studi Empiris Pada Pemerintah Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta).

Laudon, K. C., & Laudon, J. P. (2000). Management Information System in Six Edition: Organization and Technology in The Networked Enterprise. Diakses dari: www. prenhall.com/laudon.

Livari, J. (2005). An empirical test of the DeLone-McLean model of information system success. ACM SIGMIS Database: the DATABASE for Advances in Information Systems, 36(2), 8-27.

Mardiana, S., Tjakraatmadjaa, J.H., & Aprianingsih, A. (2015). Validating the Conceptual Model for Predicting Intention to Use as Part of Information System Success Model: The Case of an Indonesian Government Agency. Procedia Computer Science, 72, 353-360.

Nasrudin, E. (2017). Analisis Faktor-Faktor yang Memepengaruhi Sikap Penerimaan, Penggunaan dan Kepuasan Pengguna Sistem Aplikasi Akuntansi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI). Tesis: Program Studi Magister Akuntansi Universitas Sebelas Maret (UNS) Surabaya.

Noviyanti. (2016). Mengukur kesuksesan Sistem Akuntansi Instansi Basis Akrual (SAIBA) menggunakan model DeLone & Mclean. Jurnal Tata Kelola & Akuntabilitas Keuangan Negara, 2(2), 151-173.

Pambudi, K. H. (2018). Analisis Dimensi Kesuksesan Implementasi Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (Sakti) Pada Satuan Kerja Wilayah Provinsi Jawa Timur Dengan Pendekatan Delone And McLean Information System Success Model. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 6(2).

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). Servqual: A multiple-item scale for measuring consumer perc. Journal of retailing, 64(1), 12.

Petter, S., DeLone, W., & McLean, E. (2008). Measuring information systems success: models, dimensions, measures, and interrelationships. European journal of information systems, 17(3), 236-263.

Pitt, L. F., Watson, R. T., & Kavan, C. B. (1995). Service quality: a measure of information systems effectiveness. MIS quarterly, 173-187.

Radityo, D. (2007). Pengujian Model DeLone and McLean Dalam Pengembangan Sistem Informasi Manajemen (Kajian Sebuah Kasus).

Rai, A., Lang, S. S. & Welker, R. B. (2002). Assessing the validity of IS success models: An empirical test and theoretical analysis. Information Systems Research, 13(1), 50–69.

Sauer, C., & Cuthbertson, C. (2003). The state of IT project management in the UK 2002-2003. Diakses dari: http://www.bestpracticehelp.com/

Seddon P. B., & Kiew M. Y. (1996). A partial test and development of DeLone and McLean’s model of IS success. Australian Journal of Information Systems, 4(1), 90–109.

Seddon, P., & Yip, S. K. (1992). An empirical evaluation of user information satisfaction (UIS) measures for use with general ledger accounting software. Journal of Information Systems, 6(1), 75-92.

Sedera, D., & Gable, G. (2004). ICIS 2004 Proceedings: A factor and structural equation analysis of the enterprise systems success measurement model.

Segars, A. H., & Grover, V. (1993). Re-examining perceived ease of use and usefulness: A confirmatory factor analysis. MIS quarterly, 517-525.

Sekaran, U. (2006). Research Methods for Business (4th ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Shannon, C.E., & Weaver, W. (1949). The Mathematical Theory of Communication. Urbana, IL: University of Illinois Press.

Wixom, B.H. & Todd, P.A. (2005). A theoretical integration of user satisfaction and technology. Information Systems Research, 16(1), 85-102.

Copyright (c) 2019 Kajian Ekonomi dan Keuangan
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.