ANALISIS PENGEMBANGAN KEBIJAKAN HUTAN TANAMAN RAKYAT SEBAGAI PENDORONG PERTUMBUHAN EKONOMI

Authors

  • Noeroso Loeloes Wahyudi

DOI:

https://doi.org/10.31685/kek.v16i2.45

Keywords:

HTR, Pertumbuhan Ekonomi, Insentif Fiskal, REDD

Abstract

Tulisan Ilniiah ini menyajikan kerangka analisis untuk menjawab permasalahan bagaimana meningkatkan peran Hutan Tanaman Rakyat atau HTR dalam mengembangkan kapasitas domestik, Kerangka Analisis ini menyajikan analisis SWOT berasarkan data kwalitatif dan kwantitatif yang mengekplorasi perkembangan kebijakan, sumber pembiayaan dan perkembangan HTR
Tujuan utama penelitian ini adalah menformulasikan konsep kebijakan pembiayaan yang inovatif dengan menganalis posisi strategi pengembangan kebijakan. Konsep ini merupakan pilihan kebijakan berdasarkan implikasi strategi antara lain: ij menggunakan kekuatan dan kelemahan dalam memanfatkankan peluang, dan ii] strategi menggunakan kekuatan dan kelemahan dalam mengatasi ancaman.
Peluang yang harus dimanfaatkan untuk pengembangan HTR adalah kelangkaan pasokan kayu dari hutan primer,dan komitmen pemerintah untuk mendukung HTR. Sementara identikasi faktor eksternal kekuatan antara lain-lainya kawasan hutan yang terdegradasi untuk menjadi areal HTR, banyaknya UMKM yang berdomisili disekitarnya. Sedangkan strategi yang harus dilaksanakan antara lain: i) mempercepat pembangunan HTR dengan membuka kendala yakni perijinan dan pembiayaan HTR.

References

Emila dan Suwito, Hutan Tanaman Rakyat (HTR) Agenda baru untuk pengentasan kemiskinan, Warta Tenure Nomor 4 - Februari 2007;

Deny Kustiawan , Kepala Pusat P2H, Perkembangan Penyaluran Pinjaman Dana Bergulir HTR Oleh BLU Pusat P2H (per Agustus 2011), Dipresentasikan 15 September 2011.

Dr. Ir. Nur Masripatin, Msc, Apa Itu REDD, Working group on Forest Land tenure.org, Warta Tenure No: 6 September 2008;

Sunarsip, Review Atas Ketentuan Perundang-undangan Di Bidang Keuangan Negara Dalam Konteks Untuk Menentukan Bentuk Peraturan Perundang-undangan Terkait Penerimaan Dana Dari Aktivitas REDD. Kerjasama Penelitian Pokja Perubahan Iklim, Badan Kebijakan Fiskal, Kemenkeu dengan World Bank, 2009.

Sunarsip, Desain Insentif Fiskal Bagi Pengembangan REDD di Indonesia, Kerjasama Penelitian Pokja Perubahan Iklim Kemenkeu Badan Kebijakan Fiskal, dengan World Bank, 2010.

Tim Asistensi Menteri Keuangan and DfiD Team, Smallholder Forest Enterprise (Hutan Rakyat and Hutan Tanaman Rakyat) as a Low-Carbon Economic Growth Sector, 25 Oktober 2011,

Purwadi Soeprihanto, S.Hut, M.E , Pengelolaan dan Pembangunan Hutan Tanaman Industri di Indonesia, In-House Training On Introduction To Investment In The Sustainable Forestry Business In Indonesia, 2011 July 7th-8th.

Undang-undang nomor 41 tahun 1999 tentang Kehutanan;

Pasal 41 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara mengamnatkan Investasi Pemerintah yang diatur dalam Peraturan Pemerintah no 1 tahun 2008 yang dilakukan Pusat Investasi Pemerintah disamping investasi jangka panjang yang terdiri dari pembelian surat berharga meliputi saham dan surat utang,, juga Investasi Langsung meliputi penyertaan modal dan pemberian pinjaman.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2005 Tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2008 Tentang Investasi Pemerintah;

Peraturan Menteri Kehutanan Republik Indonesia Nomor : P.55/Menhut-II/2011 Tentang Tata Cara Permohonan Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu Pada Hutan Tanaman Rakyat Dalam Hutan Tanaman.

Peraturan Menteri Kehutanan Republik Indonesia Nomor : P. 3/Menhut-II/2011 Tentang Petunjuk Teknis Penggunaan Dana Alokasi Khusus (Dak) Bidang Kehutanan Tahun Anggaran 2011.

Tuti Herati, Hutan tanaman rakyat: analisis proses perumusan kebijakan dan rancang bangunmodelkonseptualkebijakan,

U RI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/46835.2011

Yuniandra, F. 2007. Formulasi Strategi Kebijakan Pengelolaan Hutan Bersama

Masyarakat di Taman Nasional Gunung Ciremai, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat. Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor. .http://katalog.perpustakaan.ipb.ac.id/jurnale/files/MHT071303fyu.pdf.f23 April 2010]

Downloads

Published

2015-11-09

Issue

Section

Articles