FACTORS AFFECTING FINANCE COMPANIES

Authors

  • Yoopi Abimanyu (Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan, Kementerian Keuangan)

DOI:

https://doi.org/10.31685/kek.v14i1.76

Keywords:

macroeconomics, financing, granger causality tests, exchange rate

Abstract

Perusahaan pembiayaan sebagai salah satu bentuk dari lembaga keuangan dipengaruhi oleh gerakan dari variabel moneter, yakni antara lain nilai tukar dan tingkat bunga pinjaman. Hipotesa dari tulisan singkat ini adalah bahwa kedua variabel moneter tersebut mampu mempengaruhi kinerja dari perusahaan pembiayaan, baik dari sisi aktiva maupun dari sisi pasiva. Data yang digunakan adalah data bulanan periode Desember 2006 sampai dengan Juni 2009. Analisa yang digunakan adalah pendekatan grafik (visual inspection) dan ekonometri, yakni Johansen Cointegration untuk hubungan jangka panjang dan Granger Causality untuk hubungan jangka pendek. Hasil analisa grafik menunjukkan bahwa dari sisi asset, total pembiayaan (termasuk komponennya yakni pembiayaan melalui consumer finance maupun leasing) tidak converge, baik dengan nilai tukar maupun tingkat bunga pinjaman. Hasil analisa ekonometri Johansen Cointegration juga menunjukkan bahwa total pembiayaan termasuk komponennya tidak memiliki hubungan jangka panjang dengan nilai tukar dan tingkat bunga pinjaman. Mereka tidak cointegrated. Analisa jangka pendek dengan menggunakan Granger Causality juga tidak menunjukkan pola keterkaitan antara variabel moneter dan komponen asset dari perusahaan pembiayaan. Dari sisi pasiva, pendekatan grafik ternyata menunjukkan bahwa total pinjaman (dan komponennya, yakni pinjaman dalam negeri dan luar negeri) nampaknya converge dengan nilai tukar maupun tingkat bunga pinjaman. Analisa formal dengan ekonometri menunjukkan bahwa total pinjaman dan komponennya weakly cointegrated dengan nilai tukar dan sepenuhnya cointegrated dengan tingkat bunga pinjaman. Secara umum dapat disimpulkan bahwa kebijakan makroekonomi yang tepat (realisasi kebijakan sama dengan target kebijakan dimana tidak ada over excessive ataupun under excessive macropolicies) yang mampu menghasilkan nilai tukar yang stabil dan tingkat bunga yang relatif rendah, akan mampu meningkatkan kinerja perusahaan pembiayaan dari sisi pasiva.

References

Agenor, Richard-Pierre and Peter ). Montiel. Development Macroeconomics. Princeton University Press. 1999.

Banerjee, Anindya, Juan Dolado, John W. Galbraith and David F. Hendry. Co-integration, Error Correction, and the Econometric Analysis of Non-Stationary Data. New York: Oxford University Press Inc. 1993.

Dornbusch, Rudiger, Stanley Fischer and Richard Startz. Macroeconomics. 9th ed. Mcgraw- Hill. 2003.

Enders, Walter. Applied Econometric Time Series. New York: John Wiley & Sons, Inc. 1995.

Gillis, Malcolm, Steven C. Radelet, Donald R. Snodgrass, Michael Roemer, Dwight H. Perkins. Economics of Development. 5th ed. W.W. Norton & Company. 2001.

Holden, Darryl and Roger Perman. "Unit Roots and Cointegration for the Economist.†In Cointegration for the Applied Economist. Edited by B. Bhaskara Rao. New York: St. Martin's Press, Inc. 1994.

Mankiw, Gregory N., Euston Quah, Peter Wilson. Principles of Economy. Cengage Leaning Asia PTE. 2009.

Parkin, Michael. Economics. Pearson. Boston. 2009.

Perron, Pierre. "Trend, Unit Root and Structural Change in Macroeconomic Time Series.†In Cointegration for the Applied Economist. Edited by B. Bhaskara Rao. New York: St. Martin’s Press, Inc. 1994.

Romer, David. Advanced Macroeconomics. 3rd ed. McGraw-Hill/Irwin. 2005.

World Bank, The. Unlocking Indonesia's Domestic Financial Resources: The Role of Non- Bank Financial Institutions. 2006. Jakarta, Indonesia: The World Bank. 2006.

Downloads

Published

2015-11-09

Issue

Section

Articles