Sumber Daya Manusia

Sumber Daya Manusia (SDM) adalah aset penting yang dimiliki oleh BKF dalam melakukan perumusan kebijakan fiskal dan sektor keuangan. Unsur yang dipertimbangkan bukan hanya jumlah pegawai tetapi juga kualitas pegawai. Per 14 Maret 2022, pegawai Badan Kebijakan Fiskal berjumlah 553 orang, dengan komposisi pegawai yang beragam, baik dari sisi usia, jenis kelamin, golongan, maupun tingkat pendidikan. Postur komposisi SDM ini merupakan potensi yang sangat besar bagi Badan Kebijakan Fiskal, namun di sisi lain menjadi tantangan tersendiri bagi pengelolaan SDM untuk menciptakan organisasi yang sehat dan kompetitif.

Komposisi Pegawai Berdasarkan Usia

Dilihat dari komposisi berdasarkan usia, pegawai di lingkungan Badan Kebijakan Fiskal masih didominasi oleh kelompok muda. Pegawai dengan usia s.d. 30 tahun sebanyak 161 pegawai (29,1%). Sedangkan kelompok usia 31-40 tahun sebanyak 230 pegawai (41,6%), kelompok usia 41-50 tahun sebanyak 107 pegawai (19,3%), kelompok usia 51-60 tahun sebanyak 53 pegawai (9,5%), dan kelompok usia 61 tahun ke atas sebanyak 2 pegawai (0,36%).

Komposisi Pegawai Berdasarkan Gender

Dilihat dari komposisi berdasarkan jenis kelamin, pegawai di lingkungan Badan Kebijakan Fiskal didominasi oleh pegawai pria sebanyak 374 pegawai (68%), sementara jumlah pegawai wanita sebanyak 179 orang (32%). Walau terdapat perbedaan dalam komposisinya, Badan Kebijakan Fiskal tetap berkomitmen untuk memberlakukan kesetaraan gender dalam setiap kesempatan berkarir dan keikutsertaan dalam program pengembangan pegawai yang ada.

Komposisi Pegawai Berdasarkan Tingkat Pendidikan

Dilihat dari komposisi berdasarkan tingkat pendidikan, sebagian besar pegawai di lingkungan Badan Kebijakan Fiskal telah berpendidikan tinggi. Berdasarkan data, sebanyak 28 pegawai (5%) berpendidikan S3, sebanyak 206 pegawai (37%) berpendidikan S2, sebanyak 213 pegawai (39%) berpendidikan DIV/S1, sebanyak 72 pegawai (13%) berpendidikan DIII, dan sisanya sebanyak 34 pegawai (6%) berpendidikan DI ke bawah.

Tingkat pendidikan tersebut telah mendorong komposisi jabatan di lingkungan Badan Kebijakan Fiskal menjadi sangat kompetitif. Untuk jabatan struktural, komposisi diisi oleh pegawai berpendidikan S3 sebanyak 8 pegawai, pegawai berpendidikan S2 sebanyak 45 pegawai, dan pegawai berpendidikan DIV/S1 sebanyak 24 pegawai. Untuk jabatan fungsional, komposisi diisi oleh pegawai berpendidikan S3 sebanyak 19 pegawai pegawai berpendidikan S2 sebanyak 124 pegawai, pendidikan DIV/S1 sebanyak 16, dan 1 pegawai berpendidikan DIII.

Statistik Pengembangan Sumber Daya Manusia

Seiring dengan tingginya permintaan untuk mempersiapkan SDM yang kompetitif dan demi mewujudkan visi serta misi BKF, BKF selalu memberikan dukungan serta fasilitas bagi pegawai untuk mengembangkan kemampuan kompetensi individu yang nantinya dapat mendukung kemajuan organisasi. Pada Maret 2022, sebanyak 44 orang pegawai BKF sedang menjalani tugas belajar pada berbagai jenjang Pendidikan, di antaranya sebanyak 14 orang menempuh pendidikan S3, sebanyak 23 orang menempuh Pendidikan S2, dan sebanyak 7 orang menempuh Pendidikan S1/DIV. Selain tugas belajar, BKF juga memberikan kesempatan bagi pegawai untuk menjalani izin belajar.