Pimpinan

Febrio Kacaribu, Ph.D.

Kepala Badan

Lahir di Sidikalang, Sumatra Utara, pada tanggal 27 Februari 1978. Mendapatkan gelar Sarjana Ekonomi pada 2002 dari Universitas Indonesia, dan dilanjutkan dengan gelar Master of International & Development Economics, dari Australian National University di tahun 2005. Di tahun 2014, memperoleh Gelar Ph.D dari University of Kansas.

Menjabat sebagai Kepala Riset Ekonomi Makro dan Keuangan LPEM sejak tahun 2015 dan dilantik sebagai Kepala Badan Kebijakan Fiskal pada 3 April 2020. Bidang keahliannya meliputi Ekonomi & Proyeksi Bisnis, Model Ekonomi, Ekonomi Keuangan, Ekonomi Moneter, dan Analisis Kebijakan Publik.

Ayu Sukorini, S.E., M.A.

Sekretaris Badan

Lahir di Semarang pada tanggal 22 Juni 1967. Meraih gelar Sarjana Ekonomi (S.E.) dari Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga pada tahun 1990, dan kemudian gelar Master of Arts (M.A.) dari University of Colorado at Denver, Amerika Serikat pada Tahun 1998. Memiliki ketertarikan dan keahlian di beberapa bidang, diantaranya kebijakan fiskal, manajemen resiko, dan pasar keuangan.

Perjalanan karir di Kementerian Keuangan dimulai pada tahun 1992. Sebelum di BKF pernah bertugas di Sekretariat Jenderal (Setjen), Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPB), dan Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR). Pada penugasan sebelumnya, beliau menjabat sebagai Direktur Strategi dan Portofolio Utang (2008-2012) dan Direktur Pinjaman dan Hibah (2012-2017) di Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko.

Pada tanggal 21 Agustus 2017 dilantik sebagai Kepala Pusat Kebijakan Sektor Keuangan, Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan.

Tiga tahun berikutnya pada tanggal 11 Mei 2020 dilantik sebagai Sekretaris Badan Kebijakan FIskal Kementerian Keuangan

Pande Putu Oka Kusumawardani, S.E., M.M., M.P.P., CA

Plt. Kepala Pusat Kebijakan Pendapatan Negara (PKPN)

Lahir di Jakarta pada tanggal 31 Oktober 1977. Mendapatkan gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Indonesia, dan dilanjutkan dengan Master dari universitas yang sama pada 2004. Selain itu, juga memperoleh gelar Master of Public Policy dari Universitas Hitotsubashi, Tokyo, pada 2009.

Pernah menjabat sebagai Kepala Bidang Kebijakan Perpajakan Internasional, Badan Kebijakan Fiskal, yang bertanggung jawab terhadap isu-isu perpajakan Internasional. Diangkat sebagai Kepala Bidang Program Analisis Kebijakan pada Desember 2019 dan ditunjuk sebagai Plt. Kepala Pusat Kebijakan Pendapatan Negara, Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan pada tanggal 13 Maret 2020

Ubaidi Socheh Hamidi, S.E., M.M.

Kepala Pusat Kebijakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (PKAPBN)

Lahir di Klaten, pada 11 Desember 1969. Meraih gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Sebelas Maret Surakarta tahun 1994, dan mendapatkan gelar Magister Manajemen dari Universitas Bhayangkara Jakarta tahun 2006.

Mengawali karir sebagai PNS di Kementerian Keuangan pada Biro Analisa APBN, Badan Analisa Keuangan dan Moneter (BAKM) tahun 1996.

Kemudian pada tahun 2001 bergabung dengan unit eselon I yang mengelola perumusan kebijakan di bidang Desentralisasi Fiskal, yaitu Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah (DJPKPD). Di unit ini,  pada tahun 2006-2013 menjabat sebagai Kepala Subdirektorat Dana Alokasi Khusus. Tahun 2013 - 2016 sebagai Kasubdit Evaluasi Dana Desentralisasi. Tahun 2016 sebagai Kasubdit Dana Alokasi Khusus Non Fisik, sekaligus merangkap sebagai Plt. Direktur Pembiayaan dan Transfer Non Dana Perimbangan (PTNDP), dan kemudian pada Desember 2016 dilantik sebagai  Direktur PTNDP, Ditjen Perimbangan Keuangan (DJPK).

Setelah 18 tahun bertugas di DJPK, kemudian pada tanggal 09 September 2019 dilantik sebagai Kepala Pusat Kebijakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, Badan Kebijakan Fiskal (BKF).

Hidayat Amir, PhD.

Kepala Pusat Kebijakan Ekonomi Makro (PKEM)

Lahir di Purworejo pada tanggal 4 Agustus 1974. Menempuh pendidikan Diploma III Akuntansi dari Sekolah Tinggi Akuntansi Negara pada tahun 1996, kemudian gelar Sarjana Ekonomi (S.E.) dari Universitas Indonesia pada tahun 2000, gelar Magister Sains Ekonomi (M.S.E.) dari Universitas Indonesia (2004), dan dilanjutkan gelar Doctor of Philosophy (Ph.D.) bidang Ekonomi dari University of Queensland, Australia pada tahun 2012 dengan topik penelitian, “Tax Policy, Growth and Income Distribution in Indonesia: A Computable General Equilibrium Analysis”. Memiliki keahlian diantaranya bidang kebijakan fiskal, kebijakan perpajakan, kebijakan publik, dan permodelan ekonomi.

Perjalanan karir PNS di Kementerian Keuangan dimulai sebagai pegawai Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (1995-2004); Badan Analisa Fiskal (2004-2005); Badan Pengkajian Ekonomi, Keuangan, dan Kerja Sama Internasional (2005-2006); dan Badan Kebijakan Fiskal (2007-saat ini). Beliau adalah Pejabat Fungsional Peneliti (Peneliti Madya) pada Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan. Tanggal 21 Agustus 2017 ditunjuk sebagai Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Pusat Kebijakan Anggaran dan Pendapatan Belanja Negara, Badan Kebijakan Fiskal, Kementerian Keuangan. Kemudian pada tanggal 29 November 2019 dilantik sebagai Kepala Pusat Kebijakan Ekonomi Makro, Badan Kebijakan Fiskal, Kementerian Keuangan.

Dr. Adi Budiarso, FCPA

Kepala Pusat Kebijakan Sektor Keuangan (PKSK)

Lahir di Salatiga, 1 September 1970. Meraih gelar Diploma IV STAN pada tahun 1997. Pada tahun 2001, beliau berhasil memperoleh gelar Master of Accounting dari University of Southern California and dilanjutkan dengan gelar Doctor of Business Administration dari University of Canberra di tahun 2014.

Mengawali karir sebagai pelaksana di Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan pada tahun 1990. Sebelum bertugas di Badan Kebijakan Fiskal, pernah menjabat sebagai Kepala Central Transformation Office (CTO) pada Sekretariat Jenderal, Kementerian Keuangan tahun 2014 – 2018. Ia juga pernah mengemban amanat sebagai Sekretaris Kerja Panitia Nasional 2018 Annual Meetings IMF-World Bank Group tahun 2018 di Bali. Lalu beliau pernah menjabat sebagai Kepala Pusat Pembiayaan Perubahan Iklim dan Multilatera, Badan Kebijakan Fiskal.

Pada tanggal 24 Agustus 2020, beliau dilantik menjadi Kepala Pusat Kebijakan Sektor Keuangan.

Dian Lestari, S.IP., M.A.

Plt. Kepala Pusat Kebijakan Pembiayaan Perubahan Iklim dan Multilateral (PKPPIM)

Dian Lestari, S.IP., M.A.

Kepala Pusat Kebijakan Regional dan Bilateral (PKRB)

Lahir di Tegal, pada tanggal 15 Maret 1974. Meraih gelar Sarjana Ilmu Politik (S.IP) dari Universitas Padjajaran, Bandung tahun 1997, kemudian meraih gelar Master of Arts dari Flinders University, Australia tahun 2007. Pada tahun 2019, beliau berhasil mendapatakan gelar Doktor dari Universitas Padjajaran.

Mengawali karir sebagai PNS di Sekretariat Jenderal, Kementerian Keuangan tahun 1998. Sempat menjabat sebagai Kepala Divisi Portofolio Investasi I pada Pusat Investasi Pemerintah, Sekretariat Jenderal tahun 2010. Menjadi Kepala Bidang Forum Multilateral, Pusat Kebijakan Pembiayaan Perubahan Iklim dan Multilateral, BKF pada Januari 2016 dan pada tahun yang sama bulan November, diperbantukan sebagai Senior Advisor, Southeast Asia Voting Group (SEAVG), World Bank hingga November 2018.

Pada tanggal 29 November 2019 dilantik sebagai Kepala Pusat Kebijakan Regional dan Bilateral, Badan Kebijakan Fiskal, Kementerian Keuangan.