Tinjauan Ekonomi, Keuangan, dan Fiskal

Edisi II 2022 : Momentum Kebangkitan Perekonomian di Tengah Dinamika Global

Tahun : 2022

Perekonomian dibayangi tekanan dinamika global, namun perkembangan ekonomi domestik masih menunjukkan tren yang baik. Perlambatan ekonomi global utamanya dipicu oleh tensi geopolitik dan perang di Ukraina, tren pengetatan kebijakan moneter, serta harga komoditas energi yang masih tinggi. Di tengah dinamika tersebut, perekonomian domestik masih terjaga yang terlihat dari berbagai indikator sisi konsumsi seperti mobilitas masyarakat, indeks belanja dan indeks penjualan ritel yang tumbuh kuat. Sementara itu, impor bahan baku dan barang modal tumbuh tinggi yang memperlihatkan aktivitas dunia usaha yang menguat. 

Baca   Download

Edisi I 2022 : Penguatan Kinerja Ekonomi di Tengah Tantangan Pandemi

Tahun : 2022

Covid-19 dan kinerja ekonomi global menunjukkan tren yang membaik. Perkembangan pandemi sempat diwarnai kenaikan kasus Covid-19 seiring munculnya varian Omicron. Namun, sejak Februari 2022 jumlah kasus dan tingkat kematian mulai menurun. Pertumbuhan ekonomi global diperkirakan mengalami rebound di angka 5,9 persen pada 2021. Percepatan vaksinasi, berlanjutnya stimulus, dan kebijakan penanganan pandemi menjadi faktor pendorong pemulihan. Namun demikian, pemulihan ekonomi menghadapi tantangan dan risiko yang semakin meningkat antara lain pandemi Covid-19 yang masih memberikan ketidakpastian yang tinggi, pengetatan kebijakan moneter global serta konflik geopolitik Rusia dan Ukraina. 

Baca   Download

Edisi IV 2021 : Berlanjutnya Tren Pemulihan

Tahun : 2021

Perkembangan pandemi Covid-19 global pada triwulan IV 2021 ditandai dengan meningkatnya kembali kasus harian global pasca reopening di berbagai negara serta munculnya Omicron sebagai variant of concern (VOC) baru. Di sisi lain, kasus Covid-19 domestik dalam tren yang menurun. Namun demikian, Pemerintah Indonesia tetap memberlakukan langkah antisipatif pengendalian pandemi. Perkembangan ekonomi domestik dalam tren yang membaik. Pertumbuhan ekonomi pada triwulan III 2021 tercatat sebesar 3,51 persen (yoy), mengindikasikan terjaganya momentum pemulihan. Memasuki triwulan IV, sejumlah indikator dini menunjukkan tren yang terus menguat. Meskipun demikian, Pemerintah senantiasa memantau dan bersikap waspada atas berbagai ketidakpastian dan risiko yang ada baik akibat pandemi Covid-19 maupun dinamika ekonomi global terkini.

Baca   Download

Edisi III 2021 : Kebijakan Fiskal Mendukung Pemulihan

Tahun : 2021

Sampai dengan akhir triwulan III, pandemi Covid-19 masih menjadi tantangan global terlebih dengan merebaknya Varian Delta, namun kondisi global mulai menunjukkan perkembangan yang baik. Di sisi domestik, Indonesia telah melewati puncak gelombang kedua pandemi. Perkembangan tersebut seiring dengan kebijakan penanganan pandemi yang dilakukan Pemerintah seperti pemberlakukan PPKM Darurat yang diikuti dengan PPKM level 4 dan 3 di berbagai daerah, penambahan fasilitas kesehatan, peningkatan testing, serta akselerasi vaksinasi sehingga kasus Covid-19 mampu ditekan hingga 3 ribuan kasus per hari, lebih rendah dibanding level sebelum gelombang kedua. Meski demikian, Indonesia harus tetap waspada mengingat masih dinamisnya isu Covid-19. Untuk itu akselerasi vaksinasi merupakan salah satu upaya signifikan untuk melawan penyebaran pandemi.

Baca   Download

Edisi II 2021 : Mendorong Pemulihan Ekonomi dan Memperkuat Reformasi Struktural

Tahun : 2021

Pengendalian Covid-19 dan kinerja ekonomi global di triwulan II tahun 2021 secara umum jauh lebih baik dibanding periode yang sama tahun lalu. Tepat setahun lalu, dunia berada dalam situasi ketidakpastian yang sangat tinggi di tengah pandemi Covid-19 yang masih relatif baru. Kepanikan dan kebijakan pembatasan sosial ketat yang serentak dilakukan seolah membawa dunia pada status "pause". Meskipun demikian, negara-negara terus beradaptasi dan perlahan mulai mampu membangkitkan ekonominya. Dinamika pandemi Covid-19 terus memberikan pelajaran, berbagai penyesuaian sikap dan kebijakan dilaksanakan.

Baca   Download