Warta Fiskal

Tahun : 2020, Edisi : 6

Sektor Keuangan (Financial Sector) adalah bagian ekonomi yang terdiri dari perusahaan dan lembaga yang menyediakan jasa atau layanan keuangan (financial service) kepada pelanggan komersial dan ritel. Sektor ini terdiri dari berbagai industri seperti perbankan (banks), perusahaan investasi (investment companies), perusahaan asuransi (insurance companies), dan perusahaan real estate.

Baca   Download

Tahun : 2020, Edisi : 5

Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) merupakan program stimulus ekonomi di era pandemi COVID-19. Tujuannya untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman COVID-19 dan stimulus kepada dunia usaha agar bisa survive. Pemerintah berusaha agar kasus positif COVID-19 tidak bertambah banyak dan mereka yang sudah terinfeksi COVID-19 bisa lekas sembuh, begitu juga kasus meninggal karena COVID-19 bisa minimal. Pemerintah ingin masyarakat tetap hidup normal dengan menjalankan aktivitas sosial dan ekonomi, sehingga roda ekonomi tetap berjalan dan ekonomi tidak jatuh lebih dalam.

Baca   Download

Tahun : 2020, Edisi : 4

Pandemi COVID-19 telah memporak-porandakan perekonomian dunia secara signifikan. Hampir semua negara di dunia, termasuk Indonesia mengalami kontraksi ekonomi atau pertumbuhan negatif. pada kuartal II-2020, pertumbuhan ekonomi negara-negara G-20 rata-rata minus 9,1% year-on-year. Hanya China yang pertumbuhan ekonominya positif 3,2%. Sementara India mencatat kontraksi pertumbuhan ekonomi tertinggi di area G-20, yaitu minus 25,2%. OECD Quarterly National Database (2020) melaporkan setidaknya sepuluh negara G-20 mengalami kontraksi di atas 10% pada kuartal II-2020.

Baca   Download

Tahun : 2020, Edisi : 3

Pandemi COVID-19 telah memporakporandakan perekonomian dunia dan berdampak besar ke Indonesia. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut pandemi ini sebagai perfect storm atau “wabah sempurna” (Townhall Meeting, 19/06/2020). Andrew Stern (2008) mengartikan perfect storm sebagai “badai yang sangat dahsyat” yang timbul dari kombinasi langka faktor meteorologi yang merugikan. Sementara Dictionary Cambridge mengartikan perfect storm sebagai keadaan yang sangat buruk atau kritis, yang timbul dari sejumlah faktor negatif dan tidak dapat diprediksi. Kata “perfect storm” ini kemudian digunakan juga sebagai metafora untuk suatu hubungan dalam lagu hit populer seperti Dark Horse yang dinyanyikan Katy Perry (bait ke-4) dan Perfect Storm yang dinyanyikan Brad Paisley (bait ke-3).

Baca   Download

Tahun : 2020, Edisi : 2

Setiap krisis kesehatan, apalagi pandemik, memiliki dampak sosial ekonomi yang luas. Kebijakan pemerintah yang biasa-biasa saja (ordinary) tidak akan ‘nendang” mengingat masalahnya sudah sangat kompleks. Pemerintah harus menggunakan cara luar biasa (extraordinary) untuk membuat kebijakan yang menjadi resultante kewenangan dan kepentingan intitusi-intitusi yang berbeda. Tidak hanya lintas Kementerian/Lembaga, tetapi juga lintas pemerintah daerah bahkan juga badan-badan usaha BUMN dan Swasta. Pemerintah memilih fokus pada dua domain kebijakan, yaitu kebijakan kesehatan dan kebijakan ekonomi, sebagai engine pemerintah untuk mengatasi Covid-19 dan memastikan ekonomi Indoneia tidak krisis. Dua mesin “digoyes” secara bersamaan agar saling mengisi. Kebijakan ekonomi mengantisipasi kemungkinan Menteri Kesehatan mengusulkan pemberlakukan karantina wilayah (lockdown). Bila opsi ini yang dipilih, maka sesuai UU No.6 Tahun 2018 Tentang Karantina Kesehatan, pemerintah harus memberi makan kepada penduduk yang dikarantinakan beserta hewan ternaknya (Pasal 52 ayat 1). Kalaupun pemerintah memilih opsi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), mesin ekonomi tetap digerakkan karena sebagian besar kegiatan sosial ekonomi terhenti.

Baca   Download