Warta Fiskal

Lembaga Ekonomi Yang Merakyat

Tahun : 2018, Edisi : 2

Lembaga Keuangan adalah badan usaham yang bergerak dalam jasa keuangan, aset utamanya berbentuk aset keuangan maupun tagihan-tagihan (claims) berupa saham obligasi dan pinjaman. Fungsinya sebagai mediator antara kelompok masyarakat pemilik modal dan yang memerlukan dana. Industri jasa keuangan, memiliki fungsi dan peran sangat penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, menciptakan kesempatan kerja, dan memberantas kemiskinan (Sri Mulyani Indrawati, Menkeu RI, 2017). Sebagai sebuah industri, Pemeritah merancang Undang-Undangnya, sementara Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menerbitkan regulasi operasional dan pengawasan

Baca   Download

Green Economy

Tahun : 2018, Edisi : 1

Selama lebih dari 50 tahun praktik penambangan di Indonesia sangat rakus cadangan karena menambang dan menjual mineral mentah (bijih nikel, bijih bauksit, bijih tembaga, dll) tanpa diolah terlebih dahulu serta kurang memperhatikan kelestarian lingkungan. Pengusaha tambang beralasan bahwa investasi pabrik pengolahan (smelter) sangat mahal. Sementara hutan kita juga terus mengalami deforestasi dan degradasi. Banyak lahan hutan telah berubah wajah menjadi lahan gundul. Sebagian lagi berubah fungsi menjadi jalan raya, jalan tol, rumah penduduk, dan gadung perkantoran. Karena peremajaannya kurang menyebabkan areal hutan yang hilang lebih besar dibandingkan areal hutan baru.

Baca   Download

APBN 2018

Tahun : 2017, Edisi : 4

Pertumbuhan ekonomi yang berkeadilan yang dipercepat, merupakan tema kebijakan fiskal tahun 2018. Pemerintah mantargetkan pertumbuhan ekonomi dalam APBN 2018 sebesar 5,4 persen. Untuk mencapai target tersebut, pemerintah memacu investasi dan infrastruktur. Sekitar Rp410,7 triliun dana APBN 2018 dialokasikan untuk mendukung pembangunan proyek-proyek infrastruktur seperti pembangunan jalan sepanjang 865 km, irigasi 781 km, pembangunan rumah susun (Rusun) sebanyak 13.405 unit dan meningkatkan rasio elektrifikasi menjadi 95,15 persen.

Baca   Download

Technological Change

Tahun : 2017, Edisi : 6

Bisnis berbasis teknologi informasi bergeral begitu cepat. Muncul fenomena kejutan di hampir seluruh dunia, masuk tanpa memberi tahu, menembus tanoa hambatan, dan menggeser tanpa memaksa atau melawan. Pemain-pemain lama seperti dihipnotis, karena tiba-tiba market share-nya tergerus begitu dalam, omzetnya menguap, dan ancaman laba di depan mata. Apa yang harus dilakukan oleh para pimpinan bisnis yang berada di posisi incumbent?

Baca   Download

Sektor Keuangan

Tahun : 2017, Edisi : 5

Dunia saat ini mengalami era distruktif di beragam sektor, termasuk sektor keuangan. Distrupsi disebabkan oleh mantra-mantra start-up termasuk mantra dari financial technology (Fintech Mantra). Sebut saja Bitcoin, uang digital, yang mengilangkan peran pihak ketiga dalam transfer uang antar nasabah, yang biasanya menjadi area mainan (play ground) bank atau institusi finansial. Mantra ini bisa mengurangi peran bank dan pada akhirnya berimplikasi terhadap employee layoff. Mantra lainnya adalah Peer to Peer (P2P) Landing, yang memberikan kemudahan kepada calon investor untuk melakukan investasi kepada calon nasabah potensial. Bila mantra ini efektif dan meluas, akan mengurangi Dana Pihak Ketika (DPK) dan penyaluran kredit perbankan.

Baca   Download