Warta Fiskal

Tahun : 2021, Edisi : 1

Seluruh negara di dunia termasuk Indonesia saat ini menghadapi tekanan yang berat dari adanya pandemi COVID – 19. Dengan lumpuhnya hampir seluruh kegiatan ekonomi sebagai konsekuensi untuk menekan kasus penularan, APBN menjadi satu-satunya instrumen yang diandalkan untuk menopang perekonomian. Penekanan “gas dan rem” yang tepat menjadi kunci agar APBN efektif dalam penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi. 

Baca   Download

Tahun : 2020, Edisi : 6

Sektor Keuangan (Financial Sector) adalah bagian ekonomi yang terdiri dari perusahaan dan lembaga yang menyediakan jasa atau layanan keuangan (financial service) kepada pelanggan komersial dan ritel. Sektor ini terdiri dari berbagai industri seperti perbankan (banks), perusahaan investasi (investment companies), perusahaan asuransi (insurance companies), dan perusahaan real estate.

Baca   Download

Tahun : 2020, Edisi : 5

Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) merupakan program stimulus ekonomi di era pandemi COVID-19. Tujuannya untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman COVID-19 dan stimulus kepada dunia usaha agar bisa survive. Pemerintah berusaha agar kasus positif COVID-19 tidak bertambah banyak dan mereka yang sudah terinfeksi COVID-19 bisa lekas sembuh, begitu juga kasus meninggal karena COVID-19 bisa minimal. Pemerintah ingin masyarakat tetap hidup normal dengan menjalankan aktivitas sosial dan ekonomi, sehingga roda ekonomi tetap berjalan dan ekonomi tidak jatuh lebih dalam.

Baca   Download

Tahun : 2020, Edisi : 4

Pandemi COVID-19 telah memporak-porandakan perekonomian dunia secara signifikan. Hampir semua negara di dunia, termasuk Indonesia mengalami kontraksi ekonomi atau pertumbuhan negatif. pada kuartal II-2020, pertumbuhan ekonomi negara-negara G-20 rata-rata minus 9,1% year-on-year. Hanya China yang pertumbuhan ekonominya positif 3,2%. Sementara India mencatat kontraksi pertumbuhan ekonomi tertinggi di area G-20, yaitu minus 25,2%. OECD Quarterly National Database (2020) melaporkan setidaknya sepuluh negara G-20 mengalami kontraksi di atas 10% pada kuartal II-2020.

Baca   Download

Tahun : 2020, Edisi : 3

Pandemi COVID-19 telah memporakporandakan perekonomian dunia dan berdampak besar ke Indonesia. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut pandemi ini sebagai perfect storm atau “wabah sempurna” (Townhall Meeting, 19/06/2020). Andrew Stern (2008) mengartikan perfect storm sebagai “badai yang sangat dahsyat” yang timbul dari kombinasi langka faktor meteorologi yang merugikan. Sementara Dictionary Cambridge mengartikan perfect storm sebagai keadaan yang sangat buruk atau kritis, yang timbul dari sejumlah faktor negatif dan tidak dapat diprediksi. Kata “perfect storm” ini kemudian digunakan juga sebagai metafora untuk suatu hubungan dalam lagu hit populer seperti Dark Horse yang dinyanyikan Katy Perry (bait ke-4) dan Perfect Storm yang dinyanyikan Brad Paisley (bait ke-3).

Baca   Download