Laporan Tahunan

Laporan Tahunan 2019

Tahun : 2019

Dalam nomor lari estafet, sebuah tongkat kecil menjadi penghubung. Siapapun sosok yang membawa tongkat tersebut, tujuannya tetap sama, mencapai garis akhir. Keberlanjutan antar pelari menjadi begitu penting, sehingga tongkat yang dibawa dapat tiba dengan selamat di garis akhir. Begitupun yang terjadi di 2019, dimana terdapat peralihan tongkat estafet dari pemerintahan sebelumnya ke pemerintahan yang baru. Peralihan ini diharapkan dapat meneruskan rencana pembangunan bangsa secara berkelanjutan, guna mencapai target Indonesia maju di tahun 2045.

Baca   Download

Laporan Tahunan 2018

Tahun : 2018

Sepanjang tahun 2018, Indonesia menghadapi perekonomian global yang bergejolak dan penuh tantangan. Namun, perekonomian Indonesia mampu bertahan dan menunjukkan kinerja yang positif. Hal ini terlihat dari pertumbuhan ekonomi yang sehat serta inflasi yang terkendali. Kinerja ekonomi makro ini juga memberi dampak nyata berupa pengurangan angka pengangguran, penurunan angka kemiskinan, serta perekonomian yang lebih merata. Capaian tersebut tidak terlepas dari rangkaian kebijakan fiskal yang kredibel sepanjang tahun 2018. Badan Kebijakan Fiskal sebagai unit perumus kebijakan fiskal di Kementerian Keuangan tentu saja mempunyai andil yang besar dalam berbagai kebijakan tersebut. Sebagai bentuk memori dan tranparansi perumusan kebijakan fiskal, disusunlah Laporan Tahunan Badan Kebijakan Fiskal tahun 2018 ini dengan mengambil tema “Menjaga Laju Perekonomian di Tengah Gejolak Global”.

Baca   Download

Laporan Tahunan 2017

Tahun : 2017

Perekonomian makro menunjukkan sinyal perbaikan di tahun 2017, namun masih menghadapi berbagai risiko dan ketidakpastian ekonomi global. Hal ini mengisyaratkan Indonesia untuk terus mengoptimalkan kekuatan ekonomi domestik sebagai penggerak perekonomian. Dalam kondisi ketidakpastian global, Badan Kebijakan Fiskal berperan cukup baik dalam melakukan analisis dan merumuskan rekomendasi kebijakan yang bermuara pada pencapaian pertumbuhan ekonomi 2017 di level 5,07 persen (yoy) atau lebih tinggi dibanding 2016 yang tumbuh sebesar 5,03 persen. Dari sisi stabilitas perekonomian, laju inflasi 2017 juga cukup rendah dan terkendali pada kisaran 3,61 persen. Untuk kurs Rupiah terhadap USD, rata-ratanya di 2017 sebesar Rp13.384 per USD. Akurasi proyeksi, evaluasi, dan monitoring variabel-variabel ekonomi makro merupakan faktor penting dalam penyusunan kebijakan. Perbaikan dan updating perangkat analisis dan model-model ekonomi makro senantiasa dilakukan. Model Ekspor dan Model Impor, dan Financial Programming and Policies (FPP) mulai dikembangkan pada tahun 2017 selain beberapa model ekonomi makro yang selama ini digunakan dan telah dikembangkan antara lain model proyeksi nilai tukar, inflasi, suku bunga, Balance of Payment (BOP), Major Trading Partner (MTP), Leading Economic Indicators (LEI), pertumbuhan ekonomi, Fiscal Incidence, Indonesian Crude Price (ICP), dan National Transfer Account (NTA).

Baca   Download

Laporan Tahunan 2016

Tahun : 2016

Sejalan dengan upaya untuk terus berbenah, proses bisnis dan akuntabilitas finansial di BKF dewasa ini berjalan semakin efisien dan produktif dengan memanfaatkan teknologi informasi yang terintegrasi dalam sebuah sistem. Selain itu, proses reformasi birokrasi di tahun 2016 juga terus berjalan melalui pelaksanaan Assessment Centre bagi para pejabat dan pegawainya. Arah transformasi BKF pada tahun 2017-2019 adalah penguatan peran BKF dalam penerimaan negara, perbendaraan dan sebagai unit mendukung tugas Menteri Keuangan.

Baca   Download

Laporan Tahunan 2015

Tahun : 2015

Sejalan semakin tingginya ekspektasi publik terhadap kinerja pemerintah, Badan Kebijakan Fiskal juga terus berbenah dan menata diri. Di tahun 2015, Badan Kebijakan Fiskal melakukan transformasi kelembagaan berupa persiapan perbaikan sistem manajemen kualitas kinerja melalui standardisasi proses bisnis dalam perumusan kebijakan sesuai International Best Practice yang kita kenal dengan ISO 9001. Harapannya agar tercipta mekanisasi kinerja yang lebih baik dalam setiap proses perumusankebijakan yang akuntabel, antisipatif dan responsif.

Baca   Download