Kajian Skema Dana Energi Terbarukan Sebagai Insentif Percepatan Pemanfaatan Energi Terbarukan

Penulis: Pusat Kebijakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (2019)

Indonesia memiliki target bauran energi yang tertuang di dalam Peraturan Pemerintah No. 79/2014 tentang Kebijakan Energi Nasional (KEN) yang mengamanatkan optimalisasi bauran energi primer dengan peran energi baru dan terbarukan sebesar 23% pada tahun 2025, sepanjang keekonomiannya dipenuhi.

Analisis Penggunaan Dana Hasil Pungutan OJK yang Ideal Dalam Rangka Mengoptimalkan Kepentingan OJK dan Pelaku Sektor Jasa Keuangan

Penulis: Lokot Zein Nasution, Syahrir Ika, Suparman Zen Kemu, Tri Achya Ngasuko, dan Mutaqin (2018)

Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2014 Tentang Pungutan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK),

Analisis Pemberian Insentif Perpajakan pada Produk Keuangan Syariah: Studi pada Sukuk Korporasi

Penulis: Lokot Zein Nasution dan Afif Hanifah (2018)

Dalam dua dekade terakhir, pertumbuhan keuangan syariah global berjalan begitu pesat. Untuk mengikuti dan menangkap peluang perkembangan pasar keuangan syariah, banyak negara melakukan kebijakan insentif pengembangan.

Spending Review Program Pengentasan Kemiskinan: Evaluasi Efektivitas Program BanSos

Penulis: Pusat Kebijakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (2018)

Berbagai program bantuan sosial (bansos) telah diberikan kepada kelompok masyarakat miskin dan rentan miskin. Sejak reformasi, transformasi serta perbaikan mekanisme program-program tersebut juga telah dilakukan.

Kontribusi Ekonomi Kawasan Berikat di Indonesia

Penulis: Pusat Kebijakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (2018)

Kawasan berikat dikembangkan untuk menanggapi dinamika perkembangan ekonomi dan juga perdagangan internasional Indonesia.