Rangkaian pertemuan ASEAN kembali sambangi Yogyakarta!

Yogyakarta, 12 Juli 2023 – Rangkaian pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral ASEAN (AFMGM) di tingkat working group dilaksanakan pada tanggal 10 Juli 2023-14 Juli 2023 di Yogyakarta. Rangkaian pertemuan dibuka dengan seminar tentang Pendanaan dan Asuransi Risiko Bencana (DRFI) dan Implementasi Kebijakan Perlidungan Sosial Adaptif (ASP) di Indonesia pada tanggal 10 Juli 2023.

Rangkaian pertemuan working group dimulai dari working committee meeting yang diselenggarakan sejak tanggal 10 hingga tanggal 13 Juli 2023, dihadiri oleh seluruh negara anggota ASEAN. Pada working committee meeting ini akan dibahas berbagai isu seperti isu kesehatan dan isu pasar keuangan. Hasil dari pertemuan ini  kemudian akan dibawa ke pertemuan working group pada tanggal 14 Juli 2023. Mendampingi pertemuan working group ini, juga diselenggaran pertemuan ASEAN+3 pada tanggal 11 Juli 2023 yang selain dihadiri oleh seluruh negara ASEAN, juga dihadiri oleh negara +3 yaitu Jepang, Korea Selatan, dan China. 

Selain itu juga akan diselenggarakan Joint Forum on Food Security pada tanggal 13 Juli 2023. Dalam pertemuan ini, akan dibahas mengenai bagaimana isu terkait food security di kawasan ASEAN ditangani oleh pemerintah negara-negara ASEAN serta dampaknya bagi kawasan. 

Dalam rangkaian pertemuan ini juga menampilkan pameran UMKM dari wilayah Yogyakarta, yang diharapkan dapat menarik perhatian delegasi negara-negara ASEAN dan negara-negara +3 yang hadir. (aew)