Kajian Persaingan Bank Umum di Indonesia

Penulis: Nugroho Agung Wijoyo, Pusat Kebijakan Sektor Keuangan (2021)

Persaingan perbankan yang sehat memiliki korelasi korelasi dengan stabilitas ekonomi, namun demikian persaingan yang tinggi antar bank justru akan mengurangin keuntungan bank tersebut (Adhamovna, 2016; Koskela, E. and R. Stenbacka, 2000). Penjelasannya adalah persaingan antar bank akan menekan tingkat suku bunga kredit, sehingga mengurangi probability risk of default debitur yang pada akhirnya akan menjamin kestabilan sistem perekonomian dan sistem perbankan.

Labour Standards in the Global Supply Chain; Village Fund and Labour Working Hours in Indonesia

Penulis: Pusat Kebijakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (2021)

Dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan di berbagai negara telah memperkenalkan kode etik pemasok untuk memperkuat standar ketenagakerjaan internasional dalam rantai pasokan mereka. Hak pekerja dalam rantai pasokan global telah mengakibatkan banyak negara mengadopsi kode etik pemasok sebagai tindakan pengaturan sukarela untuk mempromosikan standar ketenagakerjaan internasional di pabrik pemasok. Melalui dana desa, desa memiliki kewenangan dan sumber dana untuk menggalang potensinya guna meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan seluruh masyarakat. Dana desa bertujuan untuk menciptakan lapangan kerja, mengurangi kesenjangan pendapatan, dan mengentaskan kemiskinan. Dana desa telah dialokasikan sejak 2015, dan terus bertambah. Pada 2015, alokasi dana desa sebesar Rp28,8 triliun meningkat menjadi Rp60 triliun pada 2018. Dana desa digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, penyelenggaraan pembangunan, bina lingkungan, dan pemberdayaan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode Difference-in-Difference (DID) yang disesuaikan dengan treatment berkelanjutan untuk menganalisis dampak dana desa terhadap kinerja masyarakat pedesaan. Analisis menggunakan data cross section "berulang" dari SUSENAS 2012-2017.

Pemanfaatan Free Trade Agreements (FTAs) oleh Negara ASEAN untuk Mengakses Pasar Indonesia

Penulis: Cahya Agus Ismir, Martin Hasiholan Lumbantobing, Arista Lya Kusuma, Elvega Mediani Kinal, Eko Nugroho Mardi Saputro (2020)

Indonesia bersama dengan negara ASEAN lain memiliki berbagai perjanjian perdagangan bebas (Free Trade Agremeent/FTA) sebagai upaya untuk meningkatkan transaksi perdagangan antar negara. Selain memiliki FTA dengan sesama negara-negara anggota (ASEAN Free trade area/AFTA), ASEAN juga memiliki FTA dengan Korea Selatan, China, India, Jepang, Australia dan Selandia Baru, serta Hong Kong.

Kebijakan Penerapan Penyaluran Pupuk Bersubsidi di Indonesia

Penulis: Ragimun, Peneliti pada Pusat Kebijakan Regional dan Bilateral (2020)

Indonesia sebagai negara agraris, terkenal dengan berbagai sumber daya alam, sehingga mempunyai potensi besar untuk menjadi negara yang mandiri dalam bidang produksi pangan. Untuk mewujudkan hal tersebut, negara membutuhkan berbagai instrument untuk mendukungnya, termasuk instrumen pajak untuk memastikan kelancaran distribusi pupuk kepada para petani.

Evaluasi Kesesuaian Laporan WC-CMD Promoting Sustainable Finance in ASEAN Dengan Kondisi, Permasalahan, dan Opsi Penguatan Pembiayaan Berkelanjutan di Indonesia

Penulis: Evan Oktavianus, Vincentius Krisna, Pusat Kebijakan Regional dan Bilateral (2020)

Indonesia merupakan co-chair dari ASEAN Working Committee on Capital Market Development (WC-CMD) pada periode 2020 – 2022, yaitu kelompok kerja di bawah Forum Ekonomi dan Keuangan ASEAN yang dibentuk untuk pengembangan kapasitas dan infrastruktur pasar modal dengan tujuan jangka panjang mendorong kolaborasi lintas batas di kawasan.