Indonesia Wakili Pertemuan Direksi IRCo

Jakarta (5/8) – Pertemuan Direksi International Rubber Consortium Limited (IRCo) telah diselenggarakan (4/8) di Bangkok, Thailand. Kepala Pusat Kebijakan Regional dan Bilateral Badan Kebijakan Fiskal (PKRB BKF) Nella Sri Hendriyetti hadir secara fisik di Bangkok sebagai Board of Director IRCo dari Indonesia. Pertemuan ini bertujuan untuk mencapai konsensus terhadap sejumlah agenda dari mulai program Secondment Officer IRCo, review struktur IRCo, hingga performa keuangan IRCo Q1 2022 dan kesepakatan penetapan harga karet alam di negara anggota ITRC.

IRCo merupakan perusahaan patungan antara Thailand, Indonesia dan Malaysia dan berfungsi sebagai Sekretariat ITRC. Didirikan pada tanggal 28 April 2004 dan berkedudukan di Bangkok, Thailand, manajemen IRCo didukung oleh tujuh pemegang saham IRCo yang terdiri dari tiga pemegang saham mewakili pemerintah ketiga negara (Thailand-Indonesia- Malaysia) dan empat pemegang saham lainnya dari Thailand - atas nama Kementerian Keuangan Thailand. Sedangkan pemegang saham yang mewakili pemerintah, yakni: Menteri Keuangan Thailand, Menteri Perdagangan Indonesia, dan Menteri Perusahaan Perladangan dan Komoditi Malaysia.

Selain Nella Sri Hendriyetty, Board of Director Indonesia (periode 29 April 2022 - 29 April 2024) mencakup Farid Amir, Direktur Ekspor Produk Pertanian dan Kehutanan Kementerian Perdagangan dan Hendratmojo Bagus Hudoro, Direktur Tanaman Tahunan dan Penyegar, Kementerian Pertanian. (fms)