Menkeu Sri Mulyani Hadiri Pertemuan Bilateral di Incheon Korea

Jakarta (4/5/2023) – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menghadiri serangkaian kegiatan pertemuan bilateral yang digelar di Incheon, Korea Selatan pada 2- 4 Mei 2023 untuk berdiskusi tentang dukungan Keketuaan Indonesia di ASEAN dan ASEAN+3 pada tahun 2023 ini. Pada kesempatannya, Menkeu membahas tentang peningkatan kerja sama dengan Jepang di bidang pembangunan infrastruktur, khususnya melalui green financing.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh sejumlah pimpinan dari berbagai negara antara lain Choo Kyungho (Wakil Perdana Menteri dan Menteri Ekonomi dan Keuangan Korea Selatan), Shunichi Suzuki (Menteri Keuangan Jepang), Biman Prasad (Wakil Perdana Menteri dan Menteri Keuangan Fiji), Masatsugu Asakawa (Presiden Asian Development Bank/ADB), dan Nobumitsu Hayashi (Gubernur Japan Bank for International Corporation/JBIC).

Shunichi Suzuki menyampaikan harapannya untuk meningkatkan jalinan kerja sama bilateral dengan Indonesia dan mendukung Indonesia dalam Keketuaan ASEAN 2023 dan ASEAN+3 Co-chairmanship. Menkeu pun mengapresiasi dukungan Jepang dan menantikan kolaborasi lebih lanjut dalam penguatan Regional Financing Arrangement (RFA). 

“Indonesia dan Jepang sepakat bahwa ke depanya fokus kerja sama kedua negara terkait erat dengan isu-isu mekanisme transisi energi, perubahan iklim dan pendanaan berkelanjutan,” ujar Menkeu.

Saat ini, Indonesia sedang dalam tahap memacu proses transformasi ekonomi ke energi yang lebih bersih, dan terkait dengan hal tersebut, Indonesia mengundang peran serta dan investasi Jepang dalam supply chain/rantai pasokan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB). (cs)