Buku

MP3EI Breaktrough Strategy Indonesia Menuju Negara Maju

Editor : Drs. Freddy R. Saragih M.P.Acc. (Tahun : 2012)

Buku ini menyajikan secara komprehensif mengenai Visi Indonesia 2025 yang diimplementasikan melalui Masterplan Percepatan dan Perluasan Ekonomi Indonesia (MP3EI). MP3EI hadir untuk mendorong terciptanya kegiatan ekonomi yang terintegrasi, sinergi, dan dan bernilai tambah tinggi, serta mengatasi berbagai sumbatan dan hambatan pembangunan melalui strategi debotlenecking dan connectivity.  Buku yang terdiri dari 14 artikel ini,  merupakan kumpulan pandangan para peneliti BKF tentang MP3EI, baik mengenai konsep, strategi, dan program MP3EI maupun berbagai tantangan yang ada serta rekomendasi untuk mengatasinya.

Penguatan Hubungan Ekonomi dan Keuangan Internasional dalam Mendukung Pembangunan Nasional

Editor : Dr. Hidayat Amir (Tahun : 2012)

Serial analisis kebijakan fiskal dalam buku ini mengupas berbagai kajian kebijakan fiskal yang terkait dengan hubungan internasional. Hubungan internasional memiliki dimensi yang luas, karena setiap kebijakan dalam bidang ini melibatkan dimensi negara lain dalam pengambilan keputusannya. Dalam buku ini dibahas bagaimana kebijakan fiskal . Buku ini diharapakan mampu memberi manfaat bagi setiap stakeholder kebijakan fiskal, baik dari kalangan akademisi maupun praktisi di lingkungan bisnis dan birokrasi, baik sebagai sumber referensi atau pun sebatas sumber informasi.

Program Pembiayaan Pertanian

Editor : Freddy R. Saragih, Hidayat Amir, Insyafiah (Tahun : 2015)

Gagasan para penulis dalam buku ini lahir dari sebuah kesadaran bahwa potensi pertanian Indonesia harus membuahkan kemakmuran bagi seluruh rakyat. Pemerintah harus hadir di tengah-tengah petani untuk menangkap harapan dan menyahuti aspirasi.  Buku ini sangat lengkap dan komprehensif dalam menangkap permasalahan-permasalah ini karena memaparkan konsep dasar, teori ekonomi pembangunan, paradigma pemberdayaan, dan telaah empiris pembiayaan pertanian di Indonesia. Buku ini patut menjadi rujukan bagi mereka yang peduli pada pembangunan pertanian, terutama para perumus dan pelaksana kebijakan, panduan bagi pelaku ekonomi, dan referensi bagi akademisi.

Referensi Risiko Sistemik Perbankan

Penulis : Nugroho Agung Wijoyo (Tahun : 2015)

Buku Referensi Risiko Sistemik Perbankan ini dapat disebut sebagai referensi pertama yang mengupas secara komprehensif tentang seluk beluk risiko sistemik perbankan serta menjawab nuansa dahaga akan kebutuhan jaring pengaman terhadap sistem keuangan bagi Indonesia. Buku ini menyajikan referensi teoretis, dan selanjutnya juga menguraikan fakta krisis keuangan yang pernah terjadi di Indonesia, lengkap dengan respons kebijakan dan landasan hukumnya. Buku ini mengulas secara baik bagaimana jaringan pengaman sistem keuangan bekerja dan bagaimana implementasi nantinya di Indonesia sejalan dengan kebutuhan terhadap Undang-Undang Jaringan Pengaman Sistem Keuangan. Buku ini juga dapat menjadi bahan referensi penting bagi para peneliti, pengamat, birokrat, pengambil keputusan, analis, dan pihak-pihak yang tertarik mendalami Risiko Sistemik Perbankan.

Subprime Mortgage Crisis Mengguncang Ekonomi Dunia

Penulis : Syahrir Ika (Tahun : 2014)

Alur cerita tentang krisis Subprime Mortgage ini diuraikan dengan baik oleh penulis. Hal yang menarik dari buku ini adalah selain adanya bahasan tentang apa itu subprime mortgage bagaimana sampai terjadi krisis subprime mortgage di Negara yang ekonominya paling kuat di dunia, yaitu AS, juga adanya bahasan yang lebih spesifik tentang strategi pemerintah Indonesia dalam membentengi Indonesia dari hantaman krisis. Penulis mengidentifikasi dan menjelaskan faktor-faktor yang memperkuat daya tahan ekonomi Indonesia.