BKF dan GIZ Teken Perjanjian Implementasi Proyek Mobilisasi Sumber Daya Domestik untuk Pembangunan Berkelanjutan

Jakarta, (14/)8): Bertempat di Gedung R.M. Notohamiprodjo, pada tanggal 14 Agustus 2019, dilaksanakan penandatanganan perjanjian implementasi proyek Mobilisasi Sumber Daya Domestik (Domestic Resource Mobilization/DRM), yang dilakukan oleh Kepala Badan Kebijakan Fiskal mewakili Kementerian Keuangan dengan Country Director Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ), Martin Hansen.

Penandatanganan ini sekaligus menandai dimulainya pelaksanaan proyek DRM yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan perumusan kebijakan fiskal melalui perbaikan institusi dan peningkatan kapasitas. Proyek mencakup program-program mulai dari modernisasi database perpajakan hingga optimalisasi penerimaan negara, serta kemungkinan sumber-sumber baru penerimaan negara guna mencapai target pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) 2030.

Mobilisasi sumber daya domestik sangat penting dalam reformasi fiskal yang tengah dilakukan oleh Kementerian Keuangan. Oleh karenanya, program kerja sama ini sangat relevan, terutama untuk mengatasi banyaknya permasalahan terkait mobilisasi sumber daya domestik di Indonesia, seperti rendahnya rasio pajak dan kepatuhan perpajakan, yang memerlukan penguatan baik di tingkat kebijakan maupun kelembagaan.

Proyek ini menerapkan pendekatan multi-pihak dan multi-level berdasarkan prioritas Indonesia. Mitra pelaksana utama proyek ini adalah Badan Kebijakan Fiskal dan Direktorat Jenderal Pajak. Kerja sama ini diwujudkan dalam bentuk hibah dari Pemerintah Republik Federal Jerman. Kerja sama direncanakan akan berlangsung selama empat tahun ke depan, dengan pendanaan sebesar EUR 6 Juta. (pkrb)