BKF dan Tim Ekonom World Bank Tingkatkan Kemampuan Staf di Sektor Riil

Jakarta (22/08) -  Pusat Kebijakan Ekonomi Makro Badan Kebijakan Fiskal (PKEM BKF) bekerja sama dengan Tim Ekonom World Bank: Support for Enhanced Macroeconomic and Fiscal Policy Analysis (SEMEFPA), selenggarakan Workshop on Sectoral Analysis di Jakarta (22/08). Workshop yang diselenggarakan selama dua hari ini bertujuan untuk membekali staf BKF untuk mampu menyiapkan analisis ekonomi riil khususnya aspek sektoral.

“Pelaksanaan workshop ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Seminar Macroeconomic Theory and Policy (MTAP) yang telah menjadi agenda dua mingguan kami di BKF”, buka Andriansyah, Kepala Bidang Analisis Neraca Pendapatan Nasional.

“Analisis sektoral ini dibahas karena Indonesia memiliki banyak sektor dan kami rasa perlu adanya prioritas. Workshop ini mengundang para ahli di bidangnya untuk dapat memberi masukan dari sektor-sektor yang dirasa berpengaruh”, lanjutnya.

Workshop terdiri dari sejumlah sesi. Sesi I “Melakukan Analisis dari Berbagai Sektor” dan Sesi II “Ikhtisar dan Kerangka Kerja Dasar untuk Analisis Sektoral (sudut pandang Makroekonomi dan Strategis) dipandu langsung tim ekonom Deutsche Bank.

“Kita harus bisa menelaah kualitas pertumbuhan dan bagaimana tren kenaikannya. Seharusnya kenaikan pertumbuhan perbankan yang sehat adalah setara dengan pertumbuhan ekonomi”, jelas Raymond Kosasih, Ekonom Deutsche Bank saat menjelaskan analisis pada sektor perbankan.

Dilanjutkan pada hari kedua, Sesi III “Panduan dan Teknik Menulis Rekomendasi Kebijakan terkait Analisis Sektoral; Sesi IV “Diskusi Kelompok (menulis Rekomendasi Kebijakan terkait Analisis Sektoral); dan ditutup dengan Sesi V “Presentasi Rekomendasi Kelompok dari Tiap Kelompok” disertai pemberian penghargaan pada kelompok perumus rekomendasi kebijakan terbaik.

Dengan diadakannya workshop ini diharapkan para staf BKF mampu menyiapkan analisis ekonomi riil khususnya aspek sektoral dengan kerangka dan alat analisis berdasarkan data, informasi dan indikator yang tersedia, termasuk menyusun dan menyajikan rekomendasi kebijakan dalam bentuk tulisan (policy note).