Kepala BKF Lantik 6 Pejabat Fungsional

Jakarta (12/10):  Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Febrio Kacaribu melantik 6 pejabat fungsional yang terdiri dari 3 Pejabat Fungsional Arsiparis dan 3 Pejabat Fungsional Analis Kebijakan (JFAK).
Di tengah pandemi Covid-19, pelantikan digelar di Ruang Analis Badan Kebijakan Fiskal yang dilaksanakan dengan tetap mengikuti aturan protokol keamanan dan kesehatan dan disaksikan oleh peserta undangan melalui video conference.

“Hari ini kita menjadikan pelantikan ini sebagai suatu milestone bukan hanya bagi anda secara individu tetapi juga bagi BKF bahwa kita masih tetap melakukan ini secara efektif meskipun dalam keadaan yang penuh tantangan,” ujar Febrio.

Kepada para pegawai yang dilantik, Febrio berpesan bahwa saat ini adalah saat yang sangat extraordinary, pekerjaan kita tidak semakin mudah tetapi memang semakin menantang setiap hari dan kita memang belum melihat kapan berakhirnya tantangan ini.

“Khusus untuk analis, anda adalah bagian dari kelompok yang merupakan ujung tombak dari pekerjaan kita di Badan Kebijakan Fiskal, pekerjaan -pekerjaan kita yang harus men-support  Menteri Keuangan dan men-support negara dan perekonomian kita, bagaimana kita bisa menghasilkan rekomendasi kebijakan fiskal dan sektor keuangan yang kredibel,” ujar Febrio.

Kredibilitas tidak dibangun seketika, kredibilitas bukan sesuatu yang tiba-tiba muncul, kredibitas dibangun melalui kerja keras setiap hari setiap saat ketika melakukan pekerjaan analisis disitulah terbangun accumulated of knowledge dan accumulated of skill sehingga rekomendasi-rekomendasi yang diberikan setiap hari harus semakin berkualitas dan semakin kredibel.

Febrio berharap bahwa setiap minggu dan setiap bulan BKF bisa menghasilkan rekomendasi kebijakan yang benar-benar bisa bermanfaat dan membantu perekonomian Indonesia untuk bergerak menuju cita-cita Indonesia Maju 2045.

“Tahun ini adalah tahun yang penuh tantangan sehingga memang diperlukan sekali pekerjaan dengan effort yang extra dari pekerjaan analisis kita dan saya percaya anda sudah mengakumulasi kerja keras anda selama bertahun-tahun dan ini adalah suatu milestone bagi karir anda sehingga ini juga menjadi konfirmasi bahwa anda sudah melakukan pekerjaan keras selama ini,” tutur Febrio.

Untuk pejabat fungsional arsiparis, Febrio menyampaikan bahwa saat-saat ini kita dipenuhi dengan pekerjaan yang luar biasa, sangat dibutuhkan dokumentasi yang sangat-sangat lengkap dan sangat bisa digunakan nanti untuk akuntabilitas.

“Saya mohon pekerjaan anda dianggap sangat serius karena saat-saat seperti ini tantangan makin berat dan ketika kita harus bekerja secara terpisah di lokasi yang sangat banyak, tetapi dokumentasi harus tetap dilakukan dengan sangat baik, bahkan harus lebih baik dari dokumentasi yang pernah dilakukan sebelumnya,” ujar Febrio.

“Tetap jaga semangat, stamina, perjuangan kita belum berakhir dan masih panjang semoga kita diberikan kesehatan oleh Tuhan Yang Maha Esa dan semoga kita tetap dapat menjaga kualitas hidup, sempatkan juga untuk bisa membagi waktu dengan keluarga,” tutup Febrio. (cs/aew)