Intip Pembahasan Pertemuan IFAWG Ke-3 di Rangkaian G20!

Jakarta (28/03) - Rangkaian pertemuan G20 Presidensi Indonesia kembali digelar. Tanggal 24-25 Maret lalu baru saja diselenggarakan pertemuan ketiga International Financial Architecture Working Group (IFAWG) yang berlokasi di Jakarta dan dilangsungkan secara virtual.

Di hari pertama, Co-chair Perancis memulai pertemuan dengan membawa isu dalam mendukung penyusunan Resilience and Sustainability Trust (RST) di IMF. Agenda selanjutnya adalah General Review of Quotas (GRQ) International Monetary Fund ke-16. Para co-chair meminta pandangan dari anggota tentang bagaimana G20 dapat menambah nilai pada diskusi GRQ IMF, sambil menghormati fakta bahwa pengambilan keputusan ada di tangan Board IMF

Selain itu, anggota juga mengungkapkan pandangan mereka tentang tantangan yang dihadapi oleh Multilateral Development Banks (MDB) dan preferensi untuk rekomendasi dari tinjauan Capital Adequacy Frameworks (CAF).

Terkait arus modal, sebagian besar anggota mencatat risiko terhadap perekonomian global dan normalisasi kebijakan moneter akan berimplikasi pada aliran modal.

Di hari kedua, pertemuan berfokus pada isu utang. IMF dan Bank Dunia mempresentasikan laporan mereka tentang Debt Service Suspension Initiative (DSSI) dan perannya dalam melepaskan likuiditas bagi negara-negara untuk merespons pandemi COVID-19. Sesi kedua dari presentasi berfokus pada tantangan yang diidentifikasi dalam penerapan Common Framework (CF). (PKPPIM/fms)