Call For Paper AIFC Ketujuh: Bukti Nyata Karya Ilmiah Ekonomi & Keuangan Islam Semakin Diminati Di Tingkat Internasional

Jakarta, (30/08/2023) - Dalam rangka perhelatan acara tahunan flagship Annual Islamic Finance Conference (AIFC) ketujuh, Badan Kebijakan Fiskal bekerja sama dengan Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor kembali menyelenggarakan Call for Paper dengan subtema ‘Ekonomi Halal untuk Pertumbuhan Organik terhadap Rantai Nilai Global’; ‘Ekonomi Hijau, Ekonomi Sirkular, Bisnis, dan Teknologi Bersih”; serta Reformasi Struktural pada Konteks Ekonomi dan Keuangan Syariah’.

Dari total jumlah abstrak yang masuk dalam Call for Paper sebanyak 267 abstrak, terpilih 40 abstrak (20 abstrak untuk tiap kategori), selanjutnya dipilih 20 besar full paper (10 paper dari tiap kategori), dan setelah kemarin (29/08) finalis 20 besar mempresentasikan paper nya secara utuh, hari ini diumumkan Pemenang CFP dari masing-masing kategori (Kategori Peneliti Umum dan Peneliti Muda).

Tak hanya dari Indonesia, peserta yang ikut serta dalam CFP ini berasal dari berbagai negara seperti Malaysia, Australia, China, South Korea, Bulgaria, Luxembourg, Inggris, Amerika Serikat, Jepang, dan Bahrain. Jumlah peserta sebanyak 269 orang di tahun 2023 ini juga mengalami kenaikan pesat dibanding tahun lalu yang berjumlah 140 peserta.

Tim juri pada CFP kali ini berjumlah 32 orang yang datang langsung dari berbagai universitas ternama di Indonesia dengan keahliannya di bidang masing-masing sesuai dengan tema AIFC 2023. Lebih lanjut, untuk mengedepankan objektivitas dan menghindari bias, setiap manuskrip dinilai secara anonim oleh 2 orang juri. Proses penjurian abstrak sendiri berlangsung dari tanggal 16 hingga 30 Mei 2023.

Selanjutnya, paper dari pemenang yang terpilih akan dipublikasikan di sejumlah kanal jurnal nasional maupun internasional seperti Journal of King Abdulaziz University, Islamic Economics, Journal of Islamic and Middle-East Finance and Management, Gadjah Mada International Journal of Business, Journal of Economic Cooperation and Development, Al Muzara'ah: Journal of Islamic Economics and Finance, Al-Iqtishad : Jurnal Ilmu Ekonomi Syariah (Journal of Islamic Economics), Etikonomi, dsb.

Daftar pemenang selengkapnya dapat dilihat pada tautan: https://www.instagram.com/reel/Cwj7DnChSvK/?igshid=MzRlODBiNWFlZA%3D%3D. (fms/mbp)