Badan Kebijakan Fiskal Pupuk Pemahaman APBN Generasi Penerus Bangsa

Jakarta, 7 Mei 2022 - Selain aktif memberikan pemahaman mengenai APBN dan kebijakan terkait pengelolaan fiskal kepada masyarakat umum, BKF juga aktif memberikan pemahaman mengenai APBN kepada para penerus bangsa Indonesia. Seperti yang dilakukan pada tanggal 7 Mei 2023, saat menerima kunjungan dari Mahasiswa Universitas Pelita Harapan  ke Kementerian Keuangan. Pertemuan ini dilaksanakan di aula lantai dua BKF.


Dihadiri oleh lebih kurang 120 mahasiswa UPH serta para dosen pembimbing, analis kebijakan BKF, Febri Pasaribu memberikan presentasi mengenai APBN, mulai dari fungsi APBN, hingga bagaimana APBN dapat membantu perekonomian bangsa di saat kondisi krisis akibat wabah COVID-19 beberapa waktu lalu.


Dalam kesempatan tersebut juga dijelaskan, kenapa APBN di Indonesia mengalami defisit setiap tahunnya. Lebih lanjut, Febri juga menjelaskan tantangan dan hambatan yang dialami oleh kementerian keuangan dalam mengelola APBN. Tak lupa Febri juga menjelaskan mengenai APBN 2024 serta arah kebijakan fiskal ke depannya.


Pertemuan rutin antara kementerian keuangan dengan kalangan akademisi termasuk mahasiswa senantiasa rutin dilakukan. Diharapkan dengan pertemuan seperti ini pemahaman terhadap APBN akan semakin baik sehingga dukungan masyarakat terhadap pengelolaan keuangan negara akan semakin kuat.