Kelanjutan Pembahasan RUU APBN 2024 Disetujui DPR

Jakarta, (22/08/2023) – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati didampingi Kepala Badan Kebijakan Fiskal Febrio Kacaribu beserta jajaran pimpinan Kementerian Keuangan lainnya (mewakili Pemerintah) hadiri Rapat Paripurna DPR RI yang beragendakan Pandangan Umum Fraksi-Fraksi atas Rancangan Undang-Undang tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2024 beserta Nota Keuangannya. Pandangan fraksi ini diberikan setelah sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah menyampaikan keterangan Pemerintah atas RUU APBN 2024 pada Sidang DPR tanggal 16 Agustus 2023 lalu.

“Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Pemerintah telah menyampaikan keterangan atas RUU tentang APBN Tahun Anggaran 2023 beserta Nota Keuangannya pada Rapat Paripurna tanggal 16 Agustus 2023 yang lalu. Sesuai dengan pasal 168 ayat 2 Peraturan DPR RI tentang tata tertib yang menyebutkan bahwa fraksi diberikan kesempatan menyampaikan pemandangan umum dalam Rapat Paripurna DPR atas RUU tentang APBN beserta nota keuangan sebagaimana dimaksud pada ayat 1,” ujar Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel yang memimpin jalannya rapat paripurna.

Dalam pandangannya, seluruh perwakilan fraksi menyatakan menerima dan memberikan persetujuan untuk RUU APBN 2024 dibahas lebih lanjut sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Selanjutnya, pembahasan RUU APBN akan dilanjutkan dengan penyampaian tanggapan Pemerintah terhadap pemandangan umum fraksi hari ini.

“Tanggapan Pemerintah terhadap pandangan umum fraksi-fraksi atas RUU tentang APBN Tahun Anggaran 2024 beserta nota keuangannya akan dilaksanakan pada Rapat Paripurna DPR RI tanggal 29 Agustus 2023,” lanjut Rachmat. (KLI/fms)